Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dokumen Satu Kurikulum MTs NU Al Badar 2019-2020

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KURIKULUM), Departemen Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan kerangka Dasar Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan Permendikbud nomor 58 tahun 2016 tentang Struktur Kurikulum, Permendikbud nomor 20 tahun 2016 tentang SKL, Permendikbud nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi, Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses, Permendikbud No 23 tahun 2016 tentang standar penilaian, Permendikbud No 24 tahun 2016 tentang KI dan KD, serta Panduan Penyusunan KTSP jenjang Pendidikan Menengah yang dikeluarkan oleh BSNP tahun 2013 tentang SNP pengganti.
Satuan pendidikan merupakan pusat pengembangan budaya, kurikulum ini mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sebagai satu kesatuan kegiatan pendidikan yang terjadi di Madrasah. Nilai-nilai yang dimaksud di antaranya: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial dan lingkungan, serta tanggung jawab. Nilai-nilai melingkupi dan terintegrasi dalam seluruh kegiatan pendidikan sebagai budaya Madrasah.


Sejak diberlakukannya Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, desentralisasi pengelolaan pendidikan memberikan kewenangan kepada Madrasah untuk menyusun kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan dan karakteristik daerahnya. Dipihak lain, tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan membawa konsekuensi agar hasil pendidikan nasional dapat bersaing dengan hasil pendidikan negara-negara maju.
Untuk memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah, maka pengelolaan pendidikan didesentralisasikan tingkat satuan pendikan disetiap jenjang pendidikan. Salah satu bentuk nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan kepada madrasah untuk membuat keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan kurikulum, mulai dari penyusunan sampai dengan pelaksanaannya di Madrasah.  Otonomi pendidikan yang pada gilirannya sampai kepada otonomi Madrasah membawa konsekuensi adanya kurikulum Madrasah yang berciri khas Madrasah dan daerah.
Pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
B. Tujuan Pengembangan Kurikulum
Tujuan penyusunan Kurikulum MTs NU Al BadarRambipuji adalah untuk memberikan acuan dalam melaksanakan program Madrasah, baik akademik, maupun non-akademis. Selain itu, dengan adanya kurikulum ini seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) Madrasah dapat mengetahui program kurikulum yang dilaksanakan Madrasah.
C. Prinsip dan Acuan Pengembangan  Kurikulum.
Kurikulum dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dibawah koordinasi dan supervisi kantor Kementerian Agama kabupaten untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengembangan kurikulum mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), serta memperhatikan pertimbangan komite Madrasah.
1. Prinsip Pengembangan Kurikulum
       Kurikulum MTs NU Al BadarRambipuji disusun  berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan    peserta didik dan lingkungannya.
         Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung  jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik. 
2. Beragam dan terpadu.
           Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
         Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan  dunia kerja. Oleh karena itu pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan non akademik.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
        Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi,   bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan. 
6. Belajar sepanjang hayat
        Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal  dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto” Bhinneka Tunggal Ika” dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

2. Acuan Operasional Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah NU Al Badar Rambipuji adalah sebagai berikut:
1. Peningkatan Iman, Takwa, dan Akhlak Mulia
Iman, takwa, dan akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum disusun agarsemua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia.
2. Peningkatan  Potensi,  Kecerdasan,  dan  Minat  sesuai dengan Tingkat Perkembangan dan Kemampuan Peserta Didik
Pendidikan merupakan proses sistematik untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik yang memungkinkan potensi diri (afektif, kognitif, psikomotor) berkembang secara optimal. Sejalan dengan itu, kurikulum disusun dengan memperhatikan potensi, tingkat perkembangan, minat, kecerdasan intelektual, emosional, sosial, spritual, dan kinestetik peserta didik.
3. Keragaman Potensi dan Karakteristik Daerah dan Lingkungan
Daerah memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan karakteristik lingkungan. Masing-masing daerah memerlukan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik daerah dan pengalaman hidup sehari-hari. Oleh karena itu, kurikulum perlu memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan daerah.

4. Tuntutan Pembangunan Daerah dan Nasional
Dalam era otonomi dan desentralisasi ,kurikulum adalah salah satu media pengikat dan pengembang keutuhan bangsa yang dapat mendorong partisipasi masyarakat dengan tetap mengedepankan wawasan nasional. Untuk itu, kurikulum perlu memperhatikan keseimbangan antara kepentingan daerah dan nasional.
5. Tuntutan Dunia Kerja
Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Oleh sebab itu, kurikulum perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki  dunia  kerja.  Hal ini  sangat  penting  terutama  bagi satuan pendidikan kejuruan dan peserta didik yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
6. Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni
Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat   berbasis pengetahuan dimana IPTEK sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan. Pendidikan harus terus menerus melakukan adaptasi dan  penyesuaian perkembangan IPTEK sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. Oleh karena itu, kurikulum harus dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
7. Agama
Kurikulum dikembangkan untuk mendukung peningkatan iman, taqwa, serta akhlak mulia dan tetapmemelihara toleransi dan kerukunan umat beragama. Oleh karena itu, muatan kurikulum semua mata pelajaran ikut mendukung peningkatan iman,takwa, dan akhlak mulia.
8. Dinamika Perkembangan Global
Kurikulum menciptakan kemandirian, baik pada individu maupun bangsa, yang sangat penting ketika dunia digerakkan oleh pasar bebas. Pergaulan antarbangsa yang semakin dekat memerlukan individu yang mandiri dan mampu bersaing serta mempunyai kemampuan untuk hidup berdampingan dengan suku dan bangsa lain.
9. Persatuan Nasional dan Nilai-Nilai Kebangsaan
Kurikulum diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan peserta didik yang menjadi landasan penting bagi upaya   memelihara   persatuan   dan   kesatuan   bangsa   dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karena itu, kurikulum harus menumbuh kembangkan wawasan dan sikap kebangsaan  serta  persatuan  nasional  untuk  memperkuat keutuhan bangsa dalam wilayah NKRI.
10. Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Setempat
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial  budaya  masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya. Penghayatan dan apresiasi pada budaya setempat ditumbuhkan terlebih dahulu sebelum mempelajari budaya dari daerah dan bangsa lain.
11. Karakteristik Satuan Pendidikan
Kurikulum dikembangkan sesuai dengan kondisidan cirikhas satuan pendidikan.
Madrasah sebagai pusat pengembangan budaya tidak terlepas dari nilai-nilai budaya yang dianut oleh suatu bangsa. Bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai budaya yang bersumber dari pancasila, sebagai falsafah hidup berbangsa dan bernegara, yang mencakup religius, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai-nilai ini dijadikan dasar filosofis dalam pengembangan kurikulum Madrasah.
Madrasah sebagai bagian dari masyarakat tidak terlepas dari fokus, kewaktuan, kondisi sosial dan budaya. Kekuatan dan kelemahan dari hal-hal ini akan menjadi pertimbangan dalam penentuan Struktur Kurikulum Madrasah ini. 
Penyusunan kurikulum mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku secara nasional serta memperhatikan kebijakan pemerintah daerah yang terkait dengan pedoman penyusunan kurikulum.
Secara yuridis kurikulum ini disusun  berdasarkan: 
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi;
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan;
4. Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  32  Tahun  2013  tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA;
10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan;
11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota;
12. Permendikbud 71 tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Menengah dan Dasar
13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 58 Tahun  2014  tentang  Kurikulum 2013 SMP/Madrasah Tsanawiyah;
15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun  2014  tentang  Peran Guru TIK dan Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi K-13;
16. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 62 Tahun  2014  tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan  Dasar dan Pendidikan Menengah;
17. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
19. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 159 Tahun 2014 Tentang Evaluasi Kurikulum.
20. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah;
21. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 TentangStandarIsi Pendidikan Dasar dan Menengah;
22. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 TentangStandar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
23. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah;
24. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada K- 13 pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
25. Keputusan Menteri Agama Nomor 165 tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.
26. Keputusan Menteri Agama No 207 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Madrasah.
27. Keputusan Menteri Agama No 117 Tahun 2014 Tentang Implementasi Kurikulum Madrasah.
28. Surat Edaran Dirjen Pendis No.DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 tentang Pelaksanaan Standart Isi
29. Usulan dan saran dari Guru, Komite Madrasah, dan Pengawas Madrasah
30. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 17 ayat (1), “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI/SDLB, /SMP/MTsLB, SMP/MTs./SMPLB, SMA/MA/SMALB, SMK/MAK, atau bentuk lain yang sederajat dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, peserta didik”.
31. PP NO.32 TAHUN 2013 TENTANG SNP PENGGANTI

BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN

Tujuan Pendidikan Nasional  adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang   beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (UU Nomor 20 Tahun 2003), Sedangkan tujuan Pendidikan Menengah adalah meletakkan Dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Dengan dasar tujuan pendidikan nasional diatas, maka Madrasah Tsanawiyah NU Al Badar Rambipuji mermuskan Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut :
A. Visi, Misi dan Tujuan MTs NU Al Badar Rambipuji
1. Visi MTs NU Al BadarRambipuji
Dalam merumuskan visi, MTs NU Al Badar Rambipuji sebagai lembaga Pendidikan Menengah yang berciri khas Islam perlu mempertimbangkan harapan peserta didik, orang tua peserta didik, lembaga pengguna lulusan madrasah dan masyarakat. MTs NU Al Badar Rambipuji juga diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi; era informasi dan global yang sangat cepat. Untuk itu MTs NU Al Badar Rambipuji ingin mewujudkan harapan  tersebut  melalui visi yang mulia, yaitu : 
“BERAHLAK ISLAMI DAN BERPRESTASI”
Indikator pencapaian Visi tersebut antara lain adalah :
Meningkatkan pengamalan pada rumpun mata pelajaran agama pada 90 % siswa
Meningkatkan rata-rata nilai UN
Melanjutkan kejenjangan pendidikan yang lebih tinggi minimal pada 75 % siswa
Menciptakan budaya islami di lingkungan Madrasah.
Membiasakan berakhlaqul karimah dalam bertindak.
Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif
Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat


2. Misi
Untuk mencapai visi tersebut perlu adanya suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan sebagai berikut :
1. Melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dan menyenangkan.
2. Melaksanakan pengembangan keterampilan warga madrasah di bidang umum dan keagaman.
3. Terpenuhinya sarana dan prasarana madrasah yang ideal.
4. Melaksanakan manajemen madrasah berbasis kinerja.
5. Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional di bidangnya.
6. Mewujudkan sistem pengelolaan keuangan madrasah yang transparan dan wajar.
7. Terselenggaranya sistem penilaian hasil belajar secara objektif dan sistematis.
8. Terbentuknya lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat.
9. Menciptakan tata budaya madrasah yang baik dan sopan.
10. Menciptakan pergaulan madrasah yang islami.
11. Menumbuhkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan madrasah.

3. Tujuan Pendidikan di Madrasah 
a. Tujuan Pendidikan di Madrasah (UMUM)
Untuk mencapai visi dan  misi di atas pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah NU Al Badar Rambipuji bertujuan agar:
1. Mengembangkan KTSP dengan dilengkapi Silabus tiap mata pelajaran, Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa dan Sistem Penilaian.
2. Mengembangkan Kurikululm dengan dilengkapi Silabus tiap mata pelajaran, 
3. Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa dan Sistem Penilaian.
4. Mengembangkan program-program pengembangan diri 
5. Mengikutsertakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelatihan peningkatan profesionalisme. 
6. Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana kegiatan pembelajaran serta sarana penunjang berupa tempat ibadah, kebun madrasah, tempat parkir,kantin sekolah, lapangan olahraga, dan WC sekolah dengan mengedepankan skala prioritas.
7. Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah dan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah secara demokratis, akuntabel, dan terbuka.
8. Menggalang pembiayaan pendididikan secara adil dan demokratis dan  memanfaatkan secara terencana serta dipertanggung jawabkan secara jujur, transparan, dan memenuhi akuntabilitas publik.
9. Mengoptimalkan pelaksanaan penilaian autentik secara berkelanjutan
10. Mengoptimalkan pelaksanaan program remedi dan pengayaan
11. Membentuk kelompok kegiatan bidang Ekstrakurikuler yang bertaraf lokal, regional maupun nasional.
12. Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan Porseni tingkat Kabupaten atau jenjang berikutnya. 
13. Memiliki tim olah raga yang dapat bersaing pada tingkat kabupaten atau jenjang berikutnya.
14. Memiliki Intrakurikuler Pramuka yang dapat berperan serta secara aktif dalam Jambore Daerah, serta even kepramukaan lainnya.
15. Menanamkan sikap santun, berbudi pekerti luhur dan berbudaya, budaya hidup sehat, cinta kebersihan, cinta kelestarian lingkungan dengan dilandasi  keimanan dan ketakwaan terhadap  Tuhan yang Maha Esa.

b. Tujuan Madrasah pada Tahun Berjalan (KHUSUS)
Untuk mencapai visi dan  misi di atas pendidikan pada MTs NU Al Badar Rambipuji pada tahun pelajaran 2017/2018 ini yang akan dicapai adalah :
a. Meningkatkankan prosentase kelulusan Ujian Nasional menjadi 100 % .
b. Meningkatkan rata-rata Nilai UN Pada tahun pelajaran 2017/2018 mencapai nilai minimal 7,0 dan UAMBN 8,0.
c. Meningkatkan angka prosentase siswa yang diterima di SMAN/MAN/SMKN
d. Meningkatkan kemampuan berbicara aktif maupun pasif dalam bahasa Arabdan Bahasa Inggris.
e. Mengembangkan kemampuan dalam bidang Teknologi informasidan komunikasi (Komputer)
f. Menciptakan proses pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM dan MUKIDI. 
g. Meningkatkan pengetahuan siswa untuk mengembangkan diri sejalan denganperkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang berjiwa ajaranagama Islam yang diimplementasikan melalui shalat berjamaah, diskusikeagamaan, dan seni Islami.
h. Peserta didik gemar membaca al Qur’an dengan benar, fasih, dan tartil.
i. Peserta didik terbiasa  melaksanakan  akhlak yang baik.
j. Warga madrasah datang dan pulang tepat waktu dan tidak ada jam pembelajaran yang kosong .
k. Warga madrasah pada tahun 2017/2018 melakukan upaya pencegahan terhadap terjadinya pencemaran, pencegahan terhadap terjadinya kerusakan dan upaya terhadap pelestarian fungsi lingkungan hidup
l. Meningkatnya kesadaran infaq dan sedekah warga madrasah serta kegiatan sosial madrasah

Tujuan tersebut dapat dilaksanakan dengan melaksanakan program- program  sebagai berikut:
a. Pendalaman materi mapel Ujian Nasional dan UAMBN.
b. Pengadaan Buku/ Soal-soal UN/ UAMBN
c. Pembiasaan hafalan  ayat dan doa. Hafalan Juz Amma, Asmaul Husna, dan Surat QS. Yasin , untuk kelas VII - IX sebelum pelajaran. 
d. Bimbingan sholat secara kontinyu melalui kegiatan pembiasaan sholat berjamaah dan pemantauan kegiatan keagamaan. 
e. Pembiasaan dan pemantauan pelaksanaan akhlak di madrasah dan di luar madrasah.
f. Pembiasaan dan pemantauan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjama’ah.
g. Pembiasaan perilaku dan budaya islami bagi seluruh warga madrasah.
h. Penegakan disiplin bagi seluruh warga madrasah. 
i. Peningkatan pengelolaan madrasah dengan MBM (Manajemen Berbasis Madrasah).
j. Pelaksanaan pembelajaran ramah lingkungan, baik di dalam kegiatan intra maupun kegiatan ekstra kurikuler.
k. Penggalangan dan penyaluran dana infaq dan sedekah warga madrasah.


BAB III
STRUKTUR KURIKULUM DAN MUATAN KURIKULUM

A.  Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. 
Struktur kurikulum MTs NU Al Badar Rambipuji terdiri atas 2 kelompok, yakni Mata pelajaran kelompok A dan mata pelajaran kelompok B. Mata pelajaranKelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya  dikembangkan oleh  pusat sedangkanmata pelajaran  Kelompok  B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
Bahasa Daerah sebagai muatan lokal dapat diajarkan secara terintegrasi dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila daerah merasa perlu untuk memisahkannya.Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan tersebut.
Jumlah alokasi waktu jam pelajaran perminggu merupakan jumlah minimal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik untuk setiap mata pelajaran. 
1. Struktur kurikulum Madrasah meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama 3 (tiga) tahun, yakni mulai kelas VII sampai dengan kelas IX Struktur kurikulum disusun berdasarkan SKL dan SK dan KD mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Kurikulum Madrasah memuat 14 Mata Pelajaran, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel Struktur Kurikulum. 
b. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi MTs NU Al Badar Rambipuji Kegiatan pengembangan diri kami atur dalam bab V tentang kegiatan pengembangan diri .
c. Pendekatan pembelajaran pada kelas VII dan VIII dilaksanakan dengan pendekatan scientific, integrative dan untuk kelas IX tiap mata pelajaran menggunakan pendekatan yang berbeda.
d. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit.
e. Proses pembelajaran menekankan keterlibatan peserta didik dengan menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran Saintifik dan pendekatan Pembelajran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menarik/menyenangkan), kontekstual, mengembangkan Budaya Baca, Keteladanan,  integratif dan situasional.
1) Struktur Kurikulum Kelas VII dan VIII
a. Kompetensi Inti 
Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi Dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga.  Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut: 
1) Kompetensi Inti1 (KI1) untuk kompetensi inti sikap spiritual; 
2) Kompetensi Inti2 (KI2) untuk kompetensi inti sikap sosial; 
3) Kompetensi Inti3 (KI3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4) Kompetensi Inti4 (KI4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti di Madrasah Tsanawiyah NU Al Badar Rambipuji dapat dilihat pada Tabel berikut. 


Tabel 1: Kompetensi Inti Kelas VII dan VIII
KOMPETENSI INTI KELAS VII dan VIII
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di Madrasah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
b. Mata Pelajaran 
Berdasarkan kompetensi inti disusun Mata pelajaran dan alokasi waktu yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Susunan Mata pelajaran dan alokasi waktu di MTs NU Al Badar Rambipuji sebagaimana tabel berikut:

Tabel 2: Mata Pelajaran
Kelompok Mata Pelajaran Alokasi Waktu Per Minggu
Kelas VII Kelas VIII
A Kelompok A
1. Pendidikan Agama Islam
a. Al Qur’an Hadits 2 2
b. Akidah akhlak 2 2
c. Fikih 2 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam 2 2
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran 3 3
3. Bahasa Indonesia 5 5
4. Bahasa Arab 3 3
5. Matematika 5 5
6. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4
8. Bahasa Inggris 4 4
B Kelompok B
1. Seni Budaya 2 2
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 3 3
3 Prakarya 2 2
C Pengembangan Diri *)
1. Pramuka
2. Baca Tulis Al Quran *
3. Marching Band *
4. Paskibra *
5. Hadrah*
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 43 43
Keterangan: 
1 jam pelajaran alokasi waktunya 40 menit
* = Tidak wajib/pilihan siswa
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada Tabel 3
Tabel 3 Cakupan Mata Pelajaran
No Kelompok Mata Pelajaran Cakupan
1. Agama dan akhlak mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha Esa serta berakhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa, dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hakhak asasi manusia kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.
3. Ilmu Pengetahuan Teknologi Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTS dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTS dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif, dan mandiri.
4. Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan menyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada Pendidikan Menengah dan dasar dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat. 
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah

Struktur kurikulum Kelas IX disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kompetensi Mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Memuat 14 mata pelajaran, 1 muatan lokal dan pengembangan diri seperti terdapat pada tabel  struktur kurikulum.
b. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensiyang disesuaikan dengan potensi yang ada di MTs NU Al BadarRambipuji.
c. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diajar / diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di Madrasah Tsanawiyah NU Al Badar Rambipuji dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru mata pelajaran atau tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan di bidang  ekstrakurikuler yang telah ditentukan oleh madrasah.
d. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik.
e. Jam Pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
f. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit
g. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran adalah 40 minggu
Keterangan
*) ekuivalen 2 jam pelajaran dilaksanakan di luar jam pelajaran.
1 (satu) Jam pelajaran alokasi waktu 40 menit.
Kegiatan pengembangan diri merupakan pilihan sesuai bakat dan minat siswa.
Pengembangan diri pramuka wajib diikuti kelas VII sampai dengan kelas IX.


TABEL 4 Mata Pelajaran Kelas IX
Mata Pelajaran Alokasi Waktu
Kelas IX
A Kelompok A
1. Pendidikan Agama Islam
a. Al Qur’an Hadits 2
b. Akidah akhlak 2
c. Fikih 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam 2
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran 3
3. Bahasa Indonesia 5
4. Bahasa Arab 3
5. Matematika 6
6. Ilmu Pengetahuan Alam 4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4
8. Bahasa Inggris 4
B Kelompok B
1. Seni Budaya 2
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2
C Kelompok C
1. Pramuka
2. TIK 2
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 44

Keterangan :
1) 1 jam pelajaran alokasi waktu 40 menit.
B.   Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran Kelas VII  dan Kelas VIII
          Muatan Kurikulum MTs NU Al BadarRambipuji meliputi sejumlah mata pelajaran sebanyak  16 mata pelajaran yang terbagi menjadi kelompok A dan kelompok B seperti dalam tabel struktur kurikulum.
A. MATA PELAJARAN KELOMPOK A
B. MATA PELAJARAN KELOMPOK B



1.  Pendidikan Agama Islam
A. AL-QUR`AN HADIS
A.1. KELAS VII SEMESTER GANJIL   
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR BARU
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Meyakini  Al-Qur`an dan hadis sebagai pedoman hidup
1.2 Menghayati kandungan Q.S. al-Fwtipah (1), an-Nws (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlws (112) tentang keesaan Allah
1.3 Meyakini  isi kandungan hadis tentang iman dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah adalah yang dilakukan dengan ikhlas.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur`an dan hadis dalam kehidupan
2.2 Terbiasa beribadah dan berdoa sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Fwtipah (1), an-Nws (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlws (112)  dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Terbiasa  beribadah sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis mengenai ibadah yang diterima Allah 
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
3.1 Memahami kedudukan Al-Qur`an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Fwtipah (1), an-Nws (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlws (112)tentang tauhid dalam konsep Islam
3.3 Memahami keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah 
(الإيمانمعرفة بالقلبوقولباللسانوعملبالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
(قالفأخبرنىعنالإيمانقالأن تؤمنبالله...  )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله ...)
 dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4. Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
4.1 Mempraktikkan cara hidup yang sesuai dengan Al-Qur`an dan hadis
4.2 Menunjukkan contoh sikap orang yang memiliki tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fwtipah (1), an-Nws (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlws (112).
4.3 Menunjukkan contoh sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai  hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah:
(الإيمانمعرفة بالقلبوقولباللسانوعملبالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab:
(قالفأخبرنىعنالإيمانقالأن تؤمنبالله...  )
 dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah:
(الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله ...)
dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكافهوللشريكي "أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)


A.2. KELAS VII SEMESTER GENAP  
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR BARU
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menyadari keutamaan membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2 Menyadari  keutamaan sikap tasammup
1.3 Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Terbiasa membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari 
2.2 Memiliki sikap  tasammup   sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan  Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari 
2.3 Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah  sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan  Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) dalam kehidupan sehari-hari
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
3.1 Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al- al- Kwfiryn (109), dan Al-Qur`an surah-surah pendek pilihan 
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S al-Bayyinah (98)  tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره 
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
3.3 Memahami isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
4. Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
4.1 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al- al- Kwfiryn (109), dan Al-Qur`an surah-surah pendek pilihan
4.2 Mendemonstrasikan sikap tasammup (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai hadis riwayat Ahmad, At-Tirmizi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره 
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه 
4.3 Mendemosntrasikan sikap istiqamah Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)

A.3. KELAS VIII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR BARU
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2 Meyakini bahwa setiap rezeki telah    ditentukan Allah
1.3. Menghayati keutamaan tolong-menolong dan menyantuni anak yatim
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1. Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Terbiasa bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
2.3. Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107) dan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
3. Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
3.1. Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek  pilihan.
3.2. Memahami isi kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp(94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.3. Memahami isi kandungan Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
(المسلم أخوالمسلم لايظلمه ولايسلمه... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة.. ..)
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad
(أناوكافل اليتيم... )
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah 
(خيربيت في المسلمين بيت فيه يتيم ...)
  dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
4.1 Memprakteka hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek  pilihan
4.2 Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
4.3 Mensimulasikan sikap tolong menolong dan peduli terhadap anak yatim Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107)
dan sikap tolong menolong sesama muslimseauai isi kandungan hadis tentang tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar 
(المسلم أخو المسلم لايظلمه ولايسلمه... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah 
(من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة. ..)
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Sa’ad
(أناوكافل اليتيم... )
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah 
(خيربيت في المسلمين بيت فيه يتيم ...)


A. 4. KELAS VIII SEMESTER GENAP  
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR BARU
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.2 Meyadari akibat / bahaya sikap buruk  sebagaimana kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
1.3 Menyadari pentingnya menerapkan pola hidup seimbang antara dunia dan akhirat
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari 
2.2 Terbiasa menghindari perilaku buruk sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Humazah  (104) dan Q.S. at-Takwfur (102) dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
2.3 Memiliki perilaku  seimbang antara dunia dan akhirat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup.
3. Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
3.1 Memahami ketentuan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
3.3 Memahami isi kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas 
(ليسبخيركممنتركدنياه لأخرته...)
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(المؤمنالقويخيروأحبإلىاللهمنالمؤمنالضعيف)
 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam
لأنيأخذأحدكمأحبلافيأخذخزمةمنحطب...
4. Mengolah, dan menyaji dan  menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1 Mendemonstrasikan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an.
4.2 Mensimulasikan sikap yang sesuai dengan isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takatsur (102)tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
4.3 Menyajikan data tentang sikap hidup yang seimbang antara kahidupan dunia dan kehidupan akhirat sesuai hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas
(ليسبخيركممنتركدنياه لأخرته...)
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(المؤمنالقويخيروأحبإلىاللهمنالمؤمنالضعيف)
 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam
لأنيأخذأحدكمأحبلافيأخذخزمةمنحطب...
A. AKIDAH AKHLAK 
A.5 KELAS VII SEMESTER GANJIL   
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1. Menghayati nilai-nilai akidah Islam
1.2. Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat  mustahil, serta sifat jaiz Allah Swt,.  
1.3. Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
1.4. Menghayati nilai-nilai adab salat dan zikir
1.5. Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Menampilkan perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menampilkan perilaku mengimani sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat  mustahil, serta sifat jaiz Allah Swt,.  
2.3 Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
2.4 Terbiasa menerapkan adab salat dan zikir
2.5 Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
3.1. Memahami dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam
3.2. Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah Swt,.  
3.3. Memahami pengertian,contoh, dan dampak positifsifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat
3.4. Memahami adab salat dan zikir
3.5. Menganalisis kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
4. Mencoba, mengolah, danmenyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam
4.2. Menyajikan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah Swt,.  
4.3. Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan
4.4. Mensimulasikan adab salat dan zikir
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya


B.5. KELAS VII SEMESTER GENAP  
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1. Meyakinisifat-sifat Allah SWT,.  melalui al- asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
1.2. Meyakini adanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
1.3. Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq
1.4. Menghayati adab membaca Al-Qur`an dan adab berdoa
1.5. Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
2.1. Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
2.2. Memiliki perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
2.3. Membiasakan diri menghindari akhlak tercela riya’ dan nifaq
2.4. Terbiasa menerapkan adab membaca Al-Qur`an dan adab berdoa
2.5. Meneladani akhlak mulia dari Ashabul Kahfi
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1. Menguraikan al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
3.2. Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
3.3. Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq
3.4. Memahami adab membaca Al-Qur`an dan adab berdoa
3.5. Menganalisiskisah keteladanan Ashabul Kahfi
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
4.2. Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lainlainnya, seperti jin, iblis, dan setan
4.3. Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.4. Mempraktikkan adab membaca Al-Qur`an dan adab berdoa
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi

B.6. KELAS VIII SEMESTER GANJIL   
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1. Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah Swt,.  
1.2. Menghayati nilai tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah syariat
1.3. Menolak perilaku ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
1.4. Menghayati adab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
1.5. Menghayati kisah keteladaan Nabi Yunus a.s dan Nabi Ayub a,s
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah Swt,.  
2.2. Berperilaku tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah syariat
2.3. Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
2.4. Terbiasa beradab yang baik kepada orang tua dan guru
2.5. Terbiasa meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus a.s dan Nabi Ayub a.s.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1. Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah Swt,.  
3.2. Memahami pengertian, contoh, dan dampak positif sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukuur dan qana’ah
3.3. Memahami pengertian, contoh, dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, gadab, dan  tamak
3.4. Memahami adab kepada kepada orang tua dan guru
3.5. Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yunus a.s  dan Nabi Ayub a.s
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah Swt,.  
4.2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah)
4.3. Mensimulasikan akibat buruk akhlak tercelaananiah, putus asa, gadab, dan  tamak dalam kehidupan sehari-hari
4.4. Mensimulasikan adab kepada kepada orang tua dan guru
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s dan Nabi Ayub a.s.

B.7. KELAS VIII SEMESTER GENAP  
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1. Beriman kepada Rasul Allah SWT,.  
1.2. Meyakini sifat-sifat Rasul Allah SWT,.  
1.3. Meyakini adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘ynah, dan irhas)
1.4. Menghayati sifatdampak positif pusnuzzan, tawwiuk, taswmuh, dan ta’wwun
1.5. Menolak sifat pasad, dendam, grbah, fitnah, dan namrmah
1.6. Menghayati adab kepada saudara dan teman
1.7. Menghayati kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah 
2.2. Meneladani sifat-sifatnya dalam kehidupan
2.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman pada mukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat
2.4. Terbiasa berperilaku pusnuzzan, tawwiuk, taswmuh, dan ta’wwun dalam kehidupan sehari-hari 
2.5. Terbiasa menghindari perilaku pasad, dendam, grbah, fitnah, dan namrmah dalam kehidupan sehari-hari.
2.6. Terbiasa menerapakan adab islami kepada saudara dan teman
2.7. Meneladani sifat-sifat utama sahabat Abu Bakarr.a.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
3.1. Memahami pengertian, dalil, dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah Swt,.  
3.2. Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah Swt,.  
3.3. Memahami pengertian, contohdan hikmah mukjizat sert a kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘ynah, dan irhas)
3.4. Memahami pengertian, contoh, dan dampak positifnya sifat pusnuzzan, tawwiuk, taswmuh, dan ta’wwun
3.5. Memahami pengertian, contoh dan dampak negatifnya sifat pasad, dendam, grbah, fitnah, dan namrmah
3.6. Memahami adab kepada saudara dan teman
3.7. Manganalisis kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
4. Mengolah, menyaji, danmenalar dalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
4.1. Menyajikan peta konsep pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah Swt,.  
4.2. Menyajikan peta konsep sifat-sifat Rasul Allah Swt,.  
4.3. Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘ynah, dan irhas) 
4.4. Mensimulasikan dampak positif dari akhlak terpuji (pusnuzzan, tawwiuk, taswmuh, dan ta’wwun)
4.5. Mensimulasikan dampak negatif dari akhlak tercela (pasad, dendam, grbah, dan namrmah)
4.6. Mensimulasikan adab kepada saudara, teman
4.7. Menceritakan kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.

B. FIKIH
C.1. KELAS VII SEMESTER GANJIL   
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1. Meyakini pentingnya bersuci dari hadas dan najis 
1.2. Menghayati hikmah dari ketentuan salat lima waktu 
1.3. Menghayati hikmah dari ketentuan waktu salat lima waktu 
1.4. Menghayati makna azan dan ikamah 
1.5. Meyakini hikmah salat berjamaah
1.6. Meyakini pentingnya sujud sahwi
1.7. Meyakini manfaat zikir dan doa
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Membiasakan diri berperilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tentang tata cara bersuci
2.2 Membiasakan diri berperilaku tertib dan disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat lima waktu
2.3 Membiasakan berperilaku disiplin dan tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman tentang waktu-waktu salat fardlu
2.4 Membiasakan diri berperilaku peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang azan dan ikamah 
2.5 Membiasakan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat berjamaah
2.6 Membiasakan diri berperilaku taat dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan sujud sahwi.
2.7 Membiasakan diri berperilaku santun dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman tentang zikir dan doa setelah salat 
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
3.1 Memahamihadas dan najis dan tata cara menyucikanya
3.2 Memahami ketentuan salat lima waktu
3.3 Memahami waktu-waktu salat lima waktu
3.4 Memahami ketentuan azan dan ikamah
3.5 Menganalisis ketentuan salat berjamaah
3.6 Memahami ketentuan sujud sahwi
3.7 Memahami tatacara berzikir dan berdoa setelah salat 
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1 Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis
4.2 Mempraktikkan salat lima waktu 
4.3 Menpresentasikan penentuan waktu salat lima waktu
4.4 Mempraktikkan azan dan ikamah
4.5 Mendemonstrasikan tata cara salat berjamaah
4.6 Memperagakan sujud sahwi
4.7 Mendemonstrasikan zikir dan berdoa setelah salat 

C.2. KELAS VII SEMESTER GENAP 
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Meyakini kewajiban melaksanakan salat Jum’at
1.2 Menghayati hikmah dari ketentuan salat Jamak dan Qasar 
1.3 Menghayati hikmah dari ketentuan salat dalam berbagai keadaan
1.4 Menghayati hikmah dari salat sunah 
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Membiasakan diri berperilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan salat Jum’at
2.2 Membiasakan diri berperilaku tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan salat Jamak dan Qasar 
2.3 Membiasakan diri berperilaku tertib sebagai implementasi dari pemahaman tentang kaifiat salat wajib dalam berbagai keadaan 
2.4 Membiasakan diri berperilaku memiliki semangat dalam melakukan kebaikan sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat sunah
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
3.1 Memahami ketentuan salat Jum’at
3.2 Memahami ketentuan salat Jamak dan Qasar 
3.3 Memahami kaifiat salat dalam berbagai keadaan 
3.4 Memahami salat sunah muakkad dan  shalat sunah gairu muakkad
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1 Mempraktikkan salat Jum’at
4.2 Mempraktikan salat Jamak dan Qasar
4.3 Memperagakan salat dalam keadaan sakit 
4.4 Memsimulasikan salat sunah muakkaddan salat sunah gairu muakkad

C.3. KELAS VIII SEMESTER GANJIL   
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Meyakini hikmahbersukur
1.2 Menghayati hikmah sujud tilawah 
1.3 Menghayati hikmah ibadah puasa
1.4 Menghayati hikmah zakat
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
2.1 Membiasakan sikap bersyukur kepada Allah Swt,.  sebagai implementasi dari pemahaman tentang sujud syukur
2.2 Membiasakan perilaku taat dan patuh sebagai implementasi dari pemahaman tentang sujud tilawah
2.3 Memiliki sikap empati dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman tentang hikmah puasa
2.4 Membiasakan sikap dermawan sebagai implementasi dari pemahaman tentang hikmah zakat
3. Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami ketentuan sujud syukur 
3.2 Memahami ketentuan sujud tilawah
3.3 Menganalisis ketentuan ibadah puasa 
3.4 Menganalisis ketentuan pelaksanaan zakat 

4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1 Memperagakan tata cara sujud syukur 
4.2 Memperagakan tata cara sujud tilawah
4.3 Mensimulasikan tatacara melaksanakan  puasa
4.4 Mendemonstrasikan  pelaksanaan zakat


C.4. KELAS VIII SEMESTER GENAP  
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghayati nilai-nilai ibadah haji dan umrah
1.2 Menyakini hikmah bersedekah, hibah, dan memberikan hadiah
1.3 Meyakini manfaat mengonsumsi makanan yang palwlan hayyiban
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Membiasakan sikap tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ibadah haji dan umrah
2.2 Membiasakan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang sedekah, hibah, dan hadiah 
2.3 Membiasakan sikap selektif dan hati-hati sebagai implementasi dari pemahaman tentang makanan dan minuman yang halal dan baik
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
3.1 Memahami  tata cara melaksanakan haji dan umrah
3.2 Memahami ketentuan  sedekah, hibah, dan hadiah
3.3 Menganalisis ketentuan  halal-haram makanan dan minuman
4. Mengolah, menyaji, dan menalar  dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1 Mendemonstrasikan tata cara haji dan umrah
4.2 Mensimulasikan tata cara sedekah, hibah, dan hadiah
4.3 Membuat peta konsep mengenai ketentuan makanan dan minuman yang halal dan baik


C. SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
D.1. KELAS VII SEMESTER GANJIL    
KOMPETENSI INTI REPOSISI KOMPETENSI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1. Meyakini misi  dakwah Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
1.2. Meyakini kebenaran risalah Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekah 
1.3. Menghayati nilai-nilai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah
1.4. Meyakini bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt,.  untuk membangun umat.

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1. Membiasakan perilaku kasih dan sayang terhadap sesama sebagai implementasi terhadap misi Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat bagi alam semesta. 
2.2. Meneladani sikap istikamah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah di Mekah
2.3. Memiliki sikap peduli terhadap kegiatan dakwah di masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah
2.4. Membiasakan sikap mandiri sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan    

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
3.2 Memahami  strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah 
3.3 Mengidentifikasistrategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah
3.4 Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan 

3 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1. Mempresentasikan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
4.2. Membuat peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah
4.3. Memaparkan strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Medinah dalam bentuk tulis atau lisan.
4.4. Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan


D.2. KELAS VII SEMESTER GENAP 
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1. Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah seperti yang dilakukan oleh Khulafaur Rasyidin
1.2. Menghayati nilai-nilai positif yang dicontohkan oleh khalifah-khalifah pada masa dinasti bani Umayah.
1.3. Meyakini bahwa bahwa ilmu adalah hal penting dalam upaya memajukan kebudayaan dan peradaban umat.
1.4. Menghayati nilai-nilai mulia yang dicontohkan oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1. Menunjukkan perilaku istikamah sebagai implementasi dari pemahaman mengenai kepemimpinan  Khulafaur Rasyidin
2.2. Memiliki sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman mengenai perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
2.3. Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman mengenai peran ilmuwan muslim dalam memajukan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah.
2.4. Menunjukkan perilaku sederhana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa  Khulafaur Rasyidin
3.2. Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
3.3. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.
3.4. Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis 
1. Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1. Menceritakan kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin
4.2. Membuat peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan peradaban pada masa dinasti bani Umayyah.
4.3. Membuat tabel berkaitan dengan tokoh ilmuwan muslim beserta bidang keilmuannya yang hidup pada masa dinasti Umayyah.
4.4. Memaparkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam bentuk tulis atau lisan

D.3. KELAS VIII SEMESTER GANJIL  
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1. Menghayatiibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya dinasti bani Abbasiyah.
1.2. Menghayati nilai-nilai positif dari para khalifah pilihan dari dinasti bani Abbasiyah.
1.3. Menghayati nilai semangat menuntut ilmu yang dicontohkan oleh ilmuwan muslim dalam bidang ilmu pengetahuan umum pada masa dinasti bani Abbasiyah. 
1.4. Menghayati nilai-nilai positif yang ditunjukkan oleh ilmuwan muslim dalam bidang agama pada masa dinasti bani Abbasiyah
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1. Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahamanmengenai sejarah berdirinya dinasti bani Abbasiyah
2.2. Meneladani perilaku istikamah seperti yang dicontohkan oleh para khalifah dari dinasti bani Abbasiyah 
2.3. Menunjukkan perilaku semangat belajar sebagai implementasi dari pemahaman mengenai tokoh ilmuwan muslim di bidang ilmu pengetahuan pada masa dinasti bani Abbasiyah
2.4. Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu seperti yang dicontohkan oleh ilmuwan muslim di bidang ilmu-ilmu agama pada masa dinasti bani Abbasiyah
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahamisejarah berdirinya dinasti bani Abbasiyah 
3.2. Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa  dinasti bani Abbasiyah 
3.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa al-Khawarizmi (ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Abbasiyah
3.4. Mengidentifikasi para ulama’ penyusun kutubussittah (ahli hadis), empat imam mazhab (ahli fikih), Imam At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Abbasiyah. 
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1. Menceritakan silsilah kekhalifahan dinasti bani Abbasiyah
4.2. Menceritakan perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa  Dinasti bani Abbasiyah 
4.3. Menceritakan biografi dan karya para ilmuwan muslim pada masa Dinasti bani Abbasiyah 
4.4. Memaparkan peran  ilmuwan muslim dalam bidang agama dalam memajukan kebudayaan / peradaban pada masa dinasti bani Abbasiyah  







D.4. KELAS VIII SEMESTER GENAP 
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1. Menghayatiibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya dinasti Al Ayyubiyah
1.2. Menghayati nilai-nilai positif dari perkembangan dinasti Al-Ayyubiyah
1.3. Menghayatisemangat perjuangan Shalahuddin al-Ayyubi dalam upaya menegakkan agama Allah Swt,.  
1.4. Menghayati nilai-nilai positif yang ditunjukkan oleh ilmuwan muslim pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1. Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahamanmengenai sejarah berdirinya dinasti bani Al Ayyubiyah
2.2. Meneladani perilaku istikamah seperti yang dicontohkan oleh para khalifah dari dinasti bani Al Ayyubiyah
2.3. Meneladani semangat juang dari dinasti Al-Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
2.4. Meneladani semangat menuntut ilmu para ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami  sejarah berdirinya dinastiAl-Ayyubiyah 
3.2. Mengidentifikasi perkembangankebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
3.3. Memahamisemangat juang para penguasa dinasti Al-Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
3.4. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1. Menceritakan sejarah berdirinya dinastiAl-Ayyubiyah
4.2. Membuat peta konsep mengenai hal-hal yang dicapai pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
4.3. Menceritakan biografi tokoh yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
4.4. Memaparkan peran  ilmuwandalam memajukan kebudayan dan peradaban Islam pada masa dinasti Al-Ayyubiyah

E. BAHASA ARAB
E.1. KELAS VII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1  Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.3  Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛
baik secara lisan maupun tertulis 
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
المرافقوالأدواتالمدرسية
baik secara lisan maupun tertulis 
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
الألوان؛
baik secara lisan maupun tertulis 

4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
التعريفبالنفسوبالعاملينفيالمدرسة؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
المرافق والأدوات المدرسية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
الألوان؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tarkib: المبتدأ(ضمائرمفردة)؛ إشارةمفردة  + الخبر(الصفة) والجهات؛الضمائرالمفردةالمتصلة


E.2. KELAS: VII SEMESTER GENAP

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1  Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.3  Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
العنوان 
baik secara lisan maupun tertulis 
3.2  Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
بيتي
baik secara lisan maupun tertulis 
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
منيوميات الأسرة
baik secara lisan maupun tertulis 
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
العنوان ؛ 
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
بيتي ؛ 
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
منيوميات الأسرة ؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tarkib: الأرقام1 - 100؛خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر؛النعتالمفرد؛المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعلمضارع)

E.3. KELAS: VIII SEMESTER GANJIL

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1  Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.3  Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
الساعة
baik secara lisan maupun tertulis 
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
يومياتنافيالمدرسة 
baik secara lisan maupun tertulis 
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
يومياتنافيالبيت 
baik secara lisan maupun tertulis 
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
الساعة 
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
يومياتنا في المدرسة ؛ 
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
يومياتنافيالبيت ؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tarkib: أسئلةعنالساعة؛الجملةالاسمية؛الجملةالفعليةوالفاعلالمفرد؛المفعوليه؛الجملة أنواعالجمع


E.4. KELAS: VIII SEMESTER GENAP

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1  Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.3  Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
المهنةوالمهنيونالرياضيون
baik secara lisan maupun tertulis 
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
المهنةالطبية
baik secara lisan maupun tertulis 
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
عيادةالمرضى
baik secara lisan maupun tertulis 
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
المهنة والمهنيون الرياضيون
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
المهنةالطبية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
عيادةالمرضى
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tarkib: (أن–لن–لِـ) + فعلمضارع؛المصدرالصريح؛الفعلالماضيوالجملةالفعلية

C. MATA PELAJARAN KELOMPOK B
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMP/MTs 
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI1(SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agamayang dianutnya 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1. Bersyukur kepada Tuhan Yang MahaEsa atas semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila 2.1. Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga Negara indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri Negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
1.2. Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa 2.2. Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
1.3. Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman 2.3. Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
1.4. Menghormati keberagaman norma norma,suku,agama,ras dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan 2.4. Menghargai keberagaman suku,agama,ras dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1.5. Mensyukuri makna kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 2.5. Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
1.6. Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang MahaEsa 2.6. Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1. Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara 4.1. Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagaiDasarNegara
3.2. Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan 4.2. Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.3. Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.3. Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang DasarNegara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4. Mengidentifikasi keberagaman suku,agama,ras dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.4. Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku,agama,ras dan antar golongan dalambingkai BhinnekaTunggal Ika
3.5. Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 4.5. Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di berbagai bidang kehidupan masyarakat
3.6. Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.6. Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NegaraKesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 2.1. Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
1.2. Menghargai makna,kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa 2.2. Mendukung makna,kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai denganUndang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
1.3. Bersyukur kepadaTuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia 2.3. Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundang undangan nasional
1.4. Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus. 2.4. Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
1.5. Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemudatahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 2.5. Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
1.6. Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa 2.6. Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata 4. Mengolah,menyaji,dan menalar Dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1. Menelaah Pancasila sebagai dasar negaradan pandangan hidup bangsa 4.1. Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
3.2. Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan- undangan lainnya dalam sistem hukumnasional 4.2. Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari
3.3. Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia 4.3. Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia
3.4. Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia 4.4. Menyajihasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
3.5. Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5. Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangatSumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari
3.6. Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa 4.6. Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. KOMPETENSI  INTI  DAN  KOMPETENSI  DASAR  BAHASA  INDONESIA SMP/MTs
KELAS : VII
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1. Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah,dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca 4.1. Menjelaskanisi teks deskripsi objek (tempatwisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan,tulis, dan visual
1.2. Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan ⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca 4.2. Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasanapentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
1.3. Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (ceritaimajinasi) yang dibacadan didengar 4.3. Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang di dengar dan dibaca secara lisan, tulis,dan visual
1.4. Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi)yang dibaca dan di dengar 4.4. Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan
1.5. Mengidentifikasi teks prosedur tentang caramelakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan di dengar 4.5. Mengidentifikasi teks prosedur tentang caramelakukan sesuatu dan caramembuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah,cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan di dengar
1.6. Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.6. Menelaah struktur dan aspek kebahasaanteks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan di dengar
1.7. Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau di perdengarkan 4.7. Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca dan di dengar
1.8. Menelaah struktur, kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau di perdengarkan 4.8. Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
1.9. Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.9. Membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi buku non fiksi/buku fiksi yang dibaca
1.10. Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan non fiksi 4.10. Menyajikan tanggapan secara lisan, tulis, dan visual terhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca

1.11. Mengidentifikasi  informasi (kabar, keperluan, permintaan, atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan di dengar 4.11. Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau di perdengarkan
1.12. Menelaahunsur-unsurdan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibacadan didengar 4.12. Menulis surat (pribadidan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan strukturteks, kebahasaan,dan isi
1.13. Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair,dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar 4.13. Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
1.14. Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan di dengar 4.14. Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
1.15. Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar 4.15. Menceritakan kembali isi cerita fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar
1.16. Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar 4.16. Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan di dengar

BAHASA INDONESIA KELAS : VIII
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang di dengar dan dibaca 4.1. Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
3.2. Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca 4.2. Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)
3.3. Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.3. Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4. Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan,slogan,atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dariberbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.4. Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dantulis
3.5. Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca 4.5. Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
3.6. Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial,dan/atau keragaman budaya, dll)yang diperdengarkan atau dibaca 4.6. Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan,dan aspek lisan
3.7. Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca 4.7. Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.8. Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca 4.8. Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
3.9. Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alamyang diperdengarkan ataudibaca 4.9. Meringkas isi  teks eksplanasi yang berupaproses terjadinya suatu fenomena dari  beragam sumber yang didengar dan dibaca
3.10. Menelaah teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca 4.10. Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
3.11. Mengidentifikasi  informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen,puisi, novel, dan karyaseni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan 4.11. Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
3.12. Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca 4.12. Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
3.13. Mengidentifikasi jenissaran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan actual dari teks persuasi (lingkunganhidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca 4.13. Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup,kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

3.14. Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca 4.14. Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
3.15. Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah 4.15. Menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar
3.16. Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks dramayang berbentuk naskah atau pentas 4.16. Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
3.17. Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.17. Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.18. Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.18. Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan non fiksi yang dibaca secara lisan/tertulis

5. KOMPETENSI INTI DAN KOMPTENSI DASAR ILMU PENGETAHUAN ALAM  SMP/MTs 
KELAS : VII

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai,merang ai,memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung,menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) 4.1. Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuaipadadiri sendiri, makhluk hidup lain,dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati 4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
3.3. Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari 4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
3.4. Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan 4.4. Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
3.5. Menganalisis konsepenergi, berbagai sumber energi,dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis 4.5. Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis
3.6. Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel 4.6. Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
3.7. Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut 4.7. Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
3.8. Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem 4.8. Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian   masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan
3.9. Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem 4.9. Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim
3.10. Menjelaskan lapisan bumi, gunung api gempabumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya 4.10. Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya
3.11. Menganalisis sistem tatasurya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi 4.11. Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi











ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS : VIII
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis gerak pada  makhluk hidup,sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak 4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak,serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup 4.3 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia 4.4 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan 4.5 Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
3.6. Menganalisis sistem pencernaan pada manusiadan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan 4.6 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
3.7. Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman,zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan 4.7. Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
3.8. Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah,serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah 4.8. Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) pada frekuensi denyut jantung
3.9. Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis,dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan 4.9. Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu,gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
3.10. Menganalisis sistem pernapasan pada manusiadan memahami gangguan pada system pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan 4.10. Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
3.11. Menganalisis sistemekskresi pada manusiadan memahami gangguan padasistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi 4.11. Membuat karyatentang sistem ekskresi pada manusiadan penerapannyadalam menjaga kesehatan diri
3.12. Menganalisis konsep getaran, gelombang,dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusiadan system sonar pada hewan 4.12. Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang,dan bunyi
3.13. Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datardan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga,dan prinsip kerja alat optik 4.13. Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan padacermin dan lensa














6. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SMP/MTs
KELAS : VII

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk mukabumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antar ruang di Indonesia sertapengaruhnyaterhadap kehidupan manusia dalamaspek ekonomi,sosial,budaya,dan pendidikan. 4.1 Menjelaskan konsep ruang(lokasi,
distribusi,potensi,iklim,bentuk mukabumi, geologis, floradan fauna) dan interaksi antarruangdiIndonesia sertapengaruhnya terhadap kehidupan manusiaIndonesiadalam aspekekonomi,sosial,budaya,dan pendidikan.
3.2Mengidentifikasiinteraksi sosial
dalamruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,ekonomi, dan budayadalam nilai dan norma sertakelembagaan sosial budaya. 4.2Menyajikan hasilidentifikasitentang
interaksi sosial dalamruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,ekonomi,dan budayadalam nilai dan norma sertakelembagaan sosial budaya.
3.3 Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi,distribusi, konsumsi, permintaan,dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi,sosial,dan budaya Indonesia. 4.3 Menjelaskanhasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia
dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatanekonomi (produksi, distribusi,konsumsi,permintaan,dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi,sosial,dan budaya Indonesia.
3.4 Memahami kronologiperubahan,dan
kesinambungan dalamkehidupan bangsa Indonesiapada aspek politik, sosial,budaya, geografis,dan pendidikan sejak masapraaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam. 4.4 Menguraikankronologi perubahan,
dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesiapada aspek politik,sosial,budaya, geografis,dan pendidikan sejak masa praaksarasampai masa Hindu- Buddha dan Islam.




ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS : VIII

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
3.  Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni,dan budaya; terkait fenomenadan kejadian tampak mata. 4.  Mengolah,menyaji,dan menalar
dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang); sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumberlain yang samadalamsudut pandang/teori.

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR
3.1Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesiadan
negara-negaraASEANyang diakibatkan oleh faktoralamdan manusia(teknologi,ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupanekonomi, sosial,budaya,dan politik. 4.1Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangandan interaksi
antarruang di Indonesiadan negara- negaraASEANyang diakibatkan oleh faktoralamdan manusia(teknologi, ekonomi,pemanfaatan lahan,politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupanekonomi, sosial,budaya,dan politik.
3.2Menganalisis pengaruh interaksi
sosial dalamruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya sertapengembangan kehidupan kebangsaan. 4.2Menyajikan hasil analisis tentang
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbedaterhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
3.3Menganalisis keunggulan dan
keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi,dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi,sosial,dan budayadi Indonesiadan negara-negaraASEAN. 4.3Menyajikan hasil analisis tentang
keunggulan dan keterbatasan ruang dalampermintaan dan penawaran sertateknologi,dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatanekonomi,sosial,budaya,di Indonesiadan negara-negaraASEAN.
3.4 Menganalisis kronologi,perubahan dan kesinambungan ruang (geografis,
politik,ekonomi, pendidikan,sosial, budaya)  dari masapenjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. 4.4 Menyajikanhasil analisiskronologi, perubahan dan kesinambungan
ruang (geografis,politik, ekonomi, pendidikan,sosial,budaya)dari masapenjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.





7. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSIDASARMATEMATIKA SMP/MTs
KELAS : VII
KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural)
berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait
fenomenadan kejadian tampak mata 4. Mencoba,mengolah, dan menyaji dalamranah konkret
(menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori
KOMPETENSIDASAR KOMPETENSIDASAR
3.1  Menjelaskan dan menentukan
urutan padabilanganbulat(positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal,persen) 4.1  Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal,persen)
3.2  Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung bilangan bulat dan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi 4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
3.3  Menjelaskan dan menentukan
representasi bilangandalambentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif 4.3  Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangandalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
3.4  Menjelaskanhimpunan,himpunan
bagian, himpunan semesta, himpunan kosong,komplemen himpunan,dan melakukan operasi binerpadahimpunanmenggunakan masalah kontekstual 4.4  Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan denganhimpunan, himpunan bagian, himpunan semesta,himpunan kosong, komplemen himpunandanoperasi binerpadahimpunan
3.5   Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi padabentuk
aljabar (penjumlahan,pengurangan, perkalian,dan pembagian) 4.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
dan operasi padabentuk aljabar
3.6   Menjelaskan persamaan dan
pertidaksamaan linearsatu variabel dan penyelesaiannya 4.6   Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linearsatu variabel
3.7   Menjelaskan rasio duabesaran
(satuannyasamadan berbeda) 4.7   Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan rasio dua besaran
(satuannyasamadan berbeda)
3.8   Membedakan perbandingan senilai
dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data,grafik,dan persamaan 4.8   Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
3.9   Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetikasosial
(penjualan, pembelian,potongan, keuntungan, kerugian,bunga tunggal,persentase,bruto, neto, tara) 4.9   Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetikasosial (penjualan,
pembelian,potongan,keuntungan, kerugian,bunga tunggal, persentase,bruto, neto,tara)
3.10 Menganalisis hubungan antarsudut sebagai akibat dari duagaris sejajar yang dipotong oleh garis transversal 4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan denganhubungan antar sudut sebagai akibatdari duagaris sejajaryang dipotong oleh garis transversal
3.11 Mengaitkan rumus kelilingdan luas untuk berbagai jenis segiempat
(persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium,dan layang-layang) dan segitiga 4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan
keliling segiempat (persegi, persegipanjang,belahketupat, jajargenjang,trapesium,dan layang- layang)dan segitiga
3.12 Menganalisis hubungan antaradata dengan carapenyajiannya (tabel, diagramgaris,diagrambatang,dan diagram lingkaran) 4.12 Menyajikan dan menafsirkan data dalambentuk tabel,diagramgaris, diagrambatang,dan diagram lingkaran

MATEMATIKA
KELAS : VIII

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4.      Mengolah,menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang samadalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR
3.1    Membuat generalisasidaripola
padabarisan bilangandan barisan konfigurasi objek 4.1    Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan polapada barisan bilangan danbarisan konfigurasi objek
3.2    Menjelaskan kedudukan titik
dalambidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual 4.2    Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan kedudukan titik dalambidang koordinat Kartesius
3.3  Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan) 4.3    Menyelesaikan masalah yang
berkaitan denganrelasi dan fungsi dengan menggunakanberbagai representasi
3.4    Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual 4.4    Menyelesaikan masalah
kontekstualyang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
3.5     Menjelaskan sistem persamaan linearduavariabel dan penyelesaiannyayang dihubungkan dengan masalah kontekstual 4.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linearduavariabel
3.6     Menjelaskan dan membuktikan
teoremaPythagoras dan tripel
Pythagoras 4.6     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan teorema
Pythagoras dan tripelPythagoras
3.7     Menjelaskan sudut pusat,sudut keliling,panjang busur,dan luas juring lingkaran, serta hubungannya 4.7     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling,panjang busur,dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
3.8     Menjelaskangaris singgung persekutuan luardan persekutuan
dalamdua lingkaran dan cara melukisnya 4.8     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung
persekutuan luardan persekutuan dalamdua lingkaran
3.9     Membedakan dan menentukan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok,prisma,dan limas) 4.9     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan luas permukaan dan volumebangun ruang sisi datar (kubus,balok,primadan limas), sertagabungannya
3.10   Menganalisis data berdasarkan
distribusi data,nilai rata-rata, median, modus,dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan,dan membuat prediksi 4.10   Menyajikan dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan distribusi data,nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan,dan membuat prediksi
3.11   Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu
percobaan 4.11   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik
dan teoretik suatu kejadiandari suatu percobaan







8. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATANSMP/MTs
KELAS : VII
KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait fenomenadan kejadian tampak mata 4.     Mencoba,mengolah, dan menyaji
dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhanadan atau tradisional*) 4.1  Mempraktikkan gerakspesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
3.2   Memahamigerak spesifik dalam
berbagai permainan bola kecil sederhanadan atau tradisional.*) 4.2   Mempraktikkangerakspesifik dalam
berbagai permainan bola kecil sederhanadan atau tradisional.*)
3.3   Memahami gerak spesifik jalan,lari,
lompat,dan lempardalamberbagai permainan sederhanadan atau tradisional.*) 4.3   Mempraktikkangerakspesifik jalan,
lari,lompat,dan lempardalam berbagai permainan sederhanadan atau tradisional. *)
3.4   Memahami gerak spesifikseni
beladiri.**) 4.4   Mempraktikkangerakspesifik seni
beladiri.**)
3.5    Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran
jasmani yang terkait dengan kesehatan (dayatahan,kekuatan, komposisi tubuh,dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya 4.5    Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang
terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan,komposisi tubuh, dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya
3.6    Memahami berbagai keterampilan dasarspesifik senam lantai 4.6    Mempraktikkan berbagai keterampilandasarspesifik senam lantai
3.7    Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama 4.7    Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama
3.8    Memahami gerak spesifik salah satu
gaya renang dengan koordinasi yang baik. ***) 4.8    Mempraktikkankonsep gerak
spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasiyang baik. ***)
3.9    Memahami perkembangan tubuh
remajayang meliputiperubahan fisik sekunderdan mental. 4.9    Memaparkan perkembangan tubuh
remajayang meliputiperubahan fisik sekunderdan mental.
3.10  Memahami pola makan sehat, bergizi dan seimbang serta
pengaruhnya terhadap kesehatan. 4.10  Memaparkan pola makan sehat, bergizi dan seimbang serta
pengaruhnya terhadap kesehatan.

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
KELAS : VIII
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata 4. Mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret
(menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Memahami variasi gerak spesifik dalamberbagai permainan bola besar sederhanadan atau tradisional 4.1   Mempraktikkanvariasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besarsederhanadan atau tradisional
3.2   Memahami variasi gerak spesifik
dalamberbagai permainan bola kecil sederhanadan atau tradisional 4.2   Mempraktikkanvariasi gerak
spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhanadan atau tradisional
3.3   Memahami variasi gerak spesifik
jalan,lari, lompat,dan lempar
dalamberbagai permainan sederhanadan atau tradisional 4.3   Mempraktikkanvariasi gerak
spesifik jalan,lari,lompat,dan
lempardalamberbagai permainan sederhanadan atau tradisional
3.4   Memahami variasigerak spesifik
seni beladiri 4.4   Mempraktikkanvariasigerak
spesifik seni beladiri
3.5 Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya 4.5  Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbanga, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya
3.6    Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai 4.6 Mempraktikkan kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
3.7    Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam aktivitas gerak berirama 4.7    Mempraktikkan prosedur variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam aktivitas gerak berirama
3.8    Memahami gerak spesifik salah satu gaya renang dalam permainan air dengan atau tanpa alat ***) 4.8    Mempraktikkan gerak spesifik salah satu gaya renang dalam permainan air dengan atau tanpa alat ***)
3.9    Memahami perlunya pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas” 4.9    Memaparkan  perlunya pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas”
3.10  Memahamicara menjaga keselamatan diri dan orang lain di jalan raya 4.10  Memaparkan cara menjaga keselamatan diri dan orang lain di jalan raya


9. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSIDASAR BAHASA INGGRISSMP/MTs
KELAS : VII


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 5. mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR

3.1   mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulisyang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan,mengucapkan terimakasih,dan meminta maaf, serta menanggapinya,sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1   menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhanayang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan,mengucapkan terimakasih,dan meminta maaf, dan menanggapinyadengan memperhatikanfungsisosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan yang benardan sesuai konteks

3.2     mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
{Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)
4.2    menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.3      mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)
4.3    menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.4     mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari- hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
4.4    menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.5     mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)
4.5    menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
3.6    mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interogative, simple present tense) 4.6    menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.7    membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang,
binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.7 teks deskriptif

4.7.1 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2 menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.8    menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs 4.8     menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs




10. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSIDASARSENIBUDAYA SMP/MTs
KELAS : VII
A. SENI RUPA
KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait fenomenadan kejadian tampak mata 4. mencoba,mengolah,dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   memahamiunsur,prinsip, teknik dan prosedurmenggambarflora, faunadan alambendadengan berbagai bahan 4.1   menggambarflora,fauna,dan alam benda
3.2   memahami prinsip dan prosedur menggambargubahanflora,fauna, dan bentuk geometrikmenjadi ragamhias 4.2   menggambargubahanflora,fauna, dan bentuk geometrikmenjadi ragamhias
3.3   memahami prosedur penerapan ragamhias padabahan buatan 4.3   membuat karya denganberbagai motifragamhias padabahan buatan
3.4   memahami prosedur penerapan ragamhias padabahan alam 4.4   membuat karya dengan berbagai motifragamhias padabahan alam

B. SENI MUSIK
KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait fenomenadan kejadian tampak mata 4. mencoba,mengolah,dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori
KOMPETENSIDASAR KOMPETENSIDASAR
3.1   memahami konsep dasarbernyanyi satu suarasecaraberkelompok dalambentuk unisono 4.1   menyanyikan lagu dengan satu suara secaraberkelompok dalam bentuk unison
3.2   memahami dasar bernyanyi dengan duasuaraatau lebih secara berkelompok 4.2   menyanyikan lagu dengan dua suaraatau lebih dalambentuk kelompok vocal
3.3   memahami  konsep dasar permainan alat musiksederhana secaraperorangan
4.3   memainkan alat musik sederhana secaraperorangan

3.4   memahami konsep dasaransamble musik.
4.4   memainkan ansamble musik sejenis dan campuran.

C. SENI TARI

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait fenomenadan kejadian tampak mata 4. mencoba,mengolah,dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR

3.1   memahami gerak tari berdasarkan unsurruang waktu dan tenaga
4.1   memeragakan gerak tari berdasarkanunsurruang waktu dan tenaga
3.2   memahami gerak tari  berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan 4.2   memeragakan gerak tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan

3.3   memahami gerak tari sesuai dengan level dan polalantai
4.3   memeragakan gerak tari sesuai dengan level dan polalantai

3.4   memahami gerak tari sesuai level, dan polalantai  sesuaiiringan
4.4   memeragakan gerak tari berdasarkanlevel danpolalantai sesuai iringan

D. SENI TEATER
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mencoba,mengolah,dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1   memahami konsep, teknik dan prosedurdasarseni peranuntuk pementasan fragmen
4.1   emeragakanadegan fragmen
sesuai konsep,teknikdan prosedur
seni peran

3.2   memahami teknik menyusun naskah fragmen
4.2   menyusun naskahsesuai kaidah pementasan fragmen

3.3   memahami perancangan pementasan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur
4.3   merancang pementasan fragmen sesuai  konsep, teknikdan prosedur

3.4   memahami pementasan fragmen sesuai konsep,teknik,dan prosedur
4.4   mementaskan fragmen sesuai konsep, teknik,dan prosedur



SENI BUDAYA 
KELAS : VIII

10.1. SENI RUPA

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

3. memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1   memahamiunsur,prinsip, teknik, dan prosedurmenggambar menggunakan modeldengan berbagai bahan
4.1   menggambarmenggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan

3.2   memahami prosedurmenggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
4.2   menggambarillustrasidengan teknik manual atau digital

3.3   memahami prosedurmenggambar poster dengan berbagai teknik
4.3   membuat poster dengan berbagai bahan dan teknik

3.4   memahami prosedurmenggambar komik dengan berbagai teknik
4.4   menggambarkomik dengan berbagai teknik

10.2. SENI MUSIK

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

3. memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1   memahami teknik dangaya menyanyilagu-lagu daerah
4.1   menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gayanya sesuai dialektikaatau intonasi kedaerahan

3.2   memahami teknik dangayalagu daerah dengan dua suaraatau lebih secaraberkelompok
4.2   menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suaraatau lebih secara berkelompok

3.3   memahami teknikpermainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
4.3   memainkan salah satu alat musik tradisional secara perorangan

3.4   memahami teknik permainan alat- alat musik tradisional secara berkelompok
4.4   memainkan alat-alatmusik tradisional secara berkelompok



C. SENI TARI

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

3. memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1   memahami  keunikangerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.1   memeragakan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari

3.2   memahami tari tradisional dengan menggunakan unsurpendukung tari sesuai iringan
4.2   memeragakan tari tradisional dengan menggunakanunsur pendukung tari sesuaiiringan

3.3   memahami penerapanpolalantai dan unsur pendukung gerak tari tradisional
4.3   memeragakan caramenerapkan gerak tari tradisional berdasarkan polalantai dengan menggunakan unsur pendukung tari

3.4   memahami penerapanpolalantai tari tradisional berdasarkan unsur pendukung tari sesuaiiringan
4.4   memeragakan tari tradisional berdasarkan polalantai dengan menggunakan unsurpendukung tari sesuai iringan

D. SENI TEATER

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

3. memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1 memahami konsep, teknik dan prosedurdasar seni peran sesuai kaidah pementasan pantomim
4.1   meragakangerak pantomim sesuai konsep, teknik,dan prosedur seni peran

3.2   memahami teknik menyusun naskah sesuai kaidahpementasan pantomim
4.2   menyusun naskah sesuai kaidah pementasanpantomim

3.3   memahami  perancangan pementasan pantomimsesuai konsep, teknik dan prosedur
4.3   merancangpementasan pantomim sesuai konsep,teknikdan prosedur

3.4   memahami pementasan pantomim sesuai konsep,teknik,dan prosedur
4.4   mementaskan pantomim sesuai konsep, teknik,dan prosedur


11. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSIDASARPRAKARYA SMP/MTs
KELAS : VII

A. KERAJINAN

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mencoba,mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang samadalamsudut pandang/teori


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR

3.1  memahami pengetahuan tentang jenis,sifat,karakter,dan teknik pengolahan serat dantekstil
4.1  memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya rumput/ ilalang,kapas, bulu domba,kulit kayu,kain,tali plastik dan lain-lain)

3.2  memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan,pembuatan, dan penyajian produkkerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif
4.2  merancang,membuat,dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang kreatifdan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya rumput/ilalang,kapas,bulu domba, kulit kayu,kain,tali plastik dan
lain-lain)

B. REKAYASA

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait
fenomenadan kejadian tampak mata
4. mencoba,mengolah, dan menyaji dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang)
sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1  memahamiwawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja,sketsa,dan gambarteknik
4.1 membuat sketsadan gambarteknik dari suatu rancangan produk

3.2  memahami jenis,karakteristik, kekuatan bahan, sertaperalatan kerja pengolahnya
4.2  membuat produk sederhana menggunakan peralatan kerja sesuai dengan jenis,karakteristik,dan kekuatan bahan

C. BUDIDAYA

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait
fenomenadan kejadian tampak mata
4. mencoba,mengolah, dan menyaji dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang)
sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1  memahami komoditastanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.1  menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah

3.2  memahamitahapan budidaya tanaman sayuran
4.2  mempraktikkan tahapan budidaya tanaman sayuran

3.3  memahami komoditastanaman obat yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.3  menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah
3.4   memahami  tahapan budidaya tanaman obat 4.4   mempraktikkan tahapan budidaya tanaman obat

D. PENGOLAHAN

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budayaterkait
fenomenadan kejadian tampak mata 4. mencoba,mengolah,dan menyaji dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang)
sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR
3.1  memahami rancanganpembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan buahsegar menjadi
makanan dan  minumanyang adadi
wilayah setempat 4.1  mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan danminuman sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang adadi wilayah setempat

3.2  memahami rancanganpembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil sampingbuahmenjadi produk pangan yang adadi wilayah setempat
4.2  mengolah,menyaji, dan mengemas bahan hasil samping buahmenjadi produk panganyang adadi wilayah setempat
3.3  memahami  rancangan pengolahan, penyajian dan pengemasan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan yang adadi wilayah setempat 4.3  mengolah,menyaji,dan mengemas bahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan yang adadi wilayah setempat
3.4   memahami rancanganpengolahan, penyajian,dan pengemasan bahan hasil samping sayuran menjadi produk panganyang adadi wilayah setempat 4.4   mengolah, menyaji dan mengemas bahan hasil samping sayuran menjadi produk pangan yang adadi wilayah setempat

PRAKARYA
KELAS : VIII

11.1. KERAJINAN

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)

3. memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang)
sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSI DASAR

3.1  memahami pengetahuan tentang jenis,sifat,karakterdan teknik pengolahan bahan lunak (misalnya tanah liat,getah,lilin,clay polimer, clay tepung,plastisin,parafin,gips dan lain-lain)
4.1  memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahanlunak yang sesuai dengan potensidaerah
setempat (misalnyatanah liat,getah, lilin,clay polimer,claytepung, plastisin,parafin,gipsdan lain-lain)

3.2  memahamipengetahuan tentang prinsip perancangan,pembuatan, dan penyajian produkkerajinan dari bahan lunak yang kreatifdan
inovatif
4.2  perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatifdan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnyatanah liat,getah, lilin,clay polimer,clay tepung,plastisin,parafin,gips dan lain-lain)

3.3  memahami pengetahuan tentang jenis,sifat,karakterdan teknik pengolahan kerang,kaca,keramik dan botol plastik
4.3  memilih jenis bahan dan teknik pengolahan kerang,kaca,keramik dan botol plastik yangsesuai dengan potensi daerah setempat

3.4   memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang kreatif dan inovatif
4.4   perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi daerah setempat

11.2. REKAYASA

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.  memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR

3.1  memahami perkembangan, peralatan,dan mediapengantar teknologi informasi dan komunikasi
4.1  memanipulasi sistem teknologi informasi dan komunikasi

3.2  memahami penerapanjenis, karakteristik,dan istilah-istilah teknologi informasi dan komunikasi
4.2  membuat produk teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia disekitarnya

3.3   memahami sumber dan permasalahan air serta perkembangan peralatan penjernih air
4.3   memanipulasi sistem penjernih air

3.4   memahami penerapan sistem penyaringan air alami dan buatan
4.4   membuat alat penjernih air dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang)
sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1  memahami komoditasternak kesayangan (kelinci, hamster, burung,ayamhias,reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuaikebutuhan wilayah setempat
4.1  menentukan komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung,ayamhias,reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuaikebutuhan wilayah setempat
11.3. BIDUDAYA

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata
4. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang)
sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

KOMPETENSIDASAR
KOMPETENSIDASAR

3.1  memahami komoditasternak kesayangan (kelinci, hamster, burung,ayamhias,reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuaikebutuhan wilayah setempat
4.1  menentukan komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung,ayamhias,reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuaikebutuhan wilayah setempat

3.2   memahami kebutuhan dan karakteristik sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
4.2   mempersiapkan sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
3.3 memahami tahapan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) 4.3 mempraktikkan tahapan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
3.4 menganalisis komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat 4.4 menerapkan komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
3.5 memahami kebutuhan dan karakteristik sarana dan peralatan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) 4.5 menentukan sarana dan peralatan ternak satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
3.6 memahami   tahapan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) 4.6 mempraktikkan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)

D. PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3 memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata 6. mengolah,menyaji,dan menalar dalamranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR

3.1  menganalisisrancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan
atau minuman yang adawilayah setempat
4.1  mengolah,menyaji dan mengemas bahan pangan serealia,kacang- kacangan dan umbi yang adadi wilayah setempat menjadi makanan dan atau minuman sesuai rancangan

3.2  menganalisisrancangan pembuatan, penyajian,dan pengemasan bahan pangan serealia,kacang-kacangan, dan umbi yang adadiwilayah setempat menjadi produk pangan setengahjadi
4.2  mengolah,menyaji dan mengemas bahan pangan serealia,kacang- kacangan dan umbi yang adadi wilayah setempatmenjadi bahan pangansetengahjadi

3.3  menganalisisrancangan pembuatan, penyajian,dan pengemasan bahan pangan setengahjadidari bahan serealia,kacang-kacangan,dan umbi yang adadi wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)
4.3  mengolah,menyaji dan mengemas bahan pangansetengah jadi dari bahan serealia,kacang-kacangan, dan umbi yang adadiwilayah setempat menjadiproduk pangan jadi (siap konsumsi)

3.4  memahami rancanganpembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan danumbi menjadi produk panganyang adawilayah setempat
4.4  membuat, menyaji dan mengemas bahan hasil sampingpengolahan serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan yang adawilayah setempat


B. MUATAN KURIKULUM KELAS IX
Mata Pelajaran
Mata pelajaran beserta alokasi waktu untuk masing-masing tingkat kelas tercantum pada struktur kurikulum. Kelas VII, kelas VIII dan kelas IX meliputi 14 mata pelajaran. Satu jam pembelajaran (jp) berlangsung selama 40 menit.
       Standar Kompetensi Lulusan untuk tiap Mata Pelajaran:
1) Pendidikan Agama 
a) Pendidikan Agama Islam                                 
Tujuan : 
1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.
2. Mewujudkan manusia Indonesia yang taat  beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan lingkungan dan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ruang Lingkup:
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek:
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah Akhlak
3. Fiqih
4. Sejarah Kebudayaan Islam
      Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
Standar Kompetensi Lulusan:
1. Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”-Syamsiyah dan “al”-Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.
2. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna.Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah.
3. Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat–shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat.
4. Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara.
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)Tujuan :
1. Berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan kemasyarakatan, berbangsa dan bernegara, serta anti korupsi.
3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lain.
4. Berintegrasi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
5. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan pelestarian dan pencegahan kerusakan lingkungan hidup.   

Ruang Lingkup:
1. Persatuan dan Kesatuan Bangsa, meliputi : Hidup rukun dalam perbe-daan, cinta lingkungan, Bangga sebagai Bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan.
2. Norma, Hukum dan persatuan, meliputi: Tertib dalam kehidupan berkeluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistem hukum dan peradilan Nasional, hukum dan peradilan Internasional.
3. Hak Asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan Internasional HAM, pemajuan penghormatan dan perlindungan HAM.
4. Kebutuhan warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan ber pendapat, menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga Negara dan kecintaannya terhadap lingkungan sekitar. 
5. Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan Dasar negara dengan konstitusi.
6. Kekuasaan dan Politik, meliputi: Pemerintahan Desa dan Kecamatan, Pemerintahan daerah dan daerah otonom, Pemerintah pusat, Demokrasi dan system politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi.
7. Pancasila, meliputi: kedudukan Pancasila sebagai Dasar negara dan idiologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai idiologi terbuka.
8. Globalisasi meliputi; Globalisasi di lingkungannya, Politik Luar negeri Indonesia di era global, Dampak globalisasi, Hubungan Internasional dan Organisasi Internasional, Mengevaluasi globalisasi.  
Standar Kompetensi Lulusan:
1. Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama.
3. Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab.
4. Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
5. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6. Menjelaskan makna otonomi daerah dan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah.
7. Menunjukkan sikap kritis terhadap pencemaran lingkungan dan apresiatif terhadap dampak globalisasi.
8. Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.

3)  Bahasa Indonesia
Tujuan :
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tertulis.
2. Menghargai dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosianal dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan dalam melestarikan lingkungan, memperluas budi pekerti dan budaya serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual masyarakat Indonesia. 
Ruang Lingkup:
1. Mendengarkan.
2. Berbicara.
3. Membaca
4. Menulis.
Standar Kompetensi Lulusan:
1. Mendengarkan.
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel.
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler dan pidato serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi dan drama.
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan.
4. Menulis
     Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk,    rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi dan cerpen.
4) Bahasa Inggris 
Tujuan :  
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi fungsional.
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.
3. Memanfaatkan karya sastra inggris untuk memperluas wawasan dalam melestarikan lingkungan dan memperluas budi pekerti dan budaya serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa inggris.
Ruang Lingkup:
1. Kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat ketrampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi fungsional.
2. Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa dan langkah-langkah retorika.
3. Kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik, kompetensi sosiokultural, kompetensi strategi dan kompetensi pembentuk wacana.

Standar Kompetensi Lulusan:
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan report dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan report dalam konteks kehidupan sehari-hari.
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan report dalam konteks kehidupan sehari-hari.
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan report dalam konteks kehidupan sehari-hari.
5)  Matematika
Tujuan :  
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsepdan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisiendan tepat dalam pemecahan masalah.
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4. Mengomunikasikan gagasan dengan symbol, table, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan dan lingkungan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalammempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
Ruang Lingkup:
1. Bilangan
2. Aljabar
3. Geometri dan pengukuran
4. Statistika dan peluang
  Standar Kompetensi Lulusan:
1. Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komukatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmatika dan sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2. Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
3. Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorima Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok prisma, limas dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4. Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5. Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta memanfaatkan dalam  pemecahan masalah.
6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan 
7. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta  mempunyai kemampuan bekerja sama. 

 6)  Ilmu Pengetahuan Alam  ( IPA )
  Tujuan :
1. Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya.
2. Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
4. Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi.
5. Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memlihara, menjaga dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7. Meningkatkan pengetahuan, konsep dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
Ruang Lingkup:
1. Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2. Materi dan Sifatnya
3. Energi dan Perubahannya
4. Bumi dan Alam Semesta

  Standar Kompetensi Lulusan:
1. Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2. Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem.
3. Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan hidup.
4. Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan dan kegunaannya.
5. Memahami konsep gaya, usaha energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

            7) Ilmu Penetahuan Sosial (IPS) 
  Tujuan :
1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakatdan lingkungannya serta upaya untuk melestarikannya
2. Memiliki kemampuan Dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingintahu, inkuiri, memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupansosial.
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dankemanusiaan.
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional dan global.
Ruang Lingkup:
1. Manusia, tempat dan lingkungan
2. Waktu, keberlanjutan dan perubahan
3. Sistem sosial budaya
4. Perilaku ekonomi dan kesejahteraan

Standar Kompetensi Lulusan:
1. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
2. Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia.
3. Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha sampai masa Kolonial Eropa.
6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
8. Mendeskripsikan perubahan sosial budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat dan upaya pencegahannya.
9. Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk serta ciri-ciri negara maju dan berkembang.
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhan.
12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
             8) Seni Budaya
  Tujuan:  
1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dalam pelestarian budaya dan lingkungan
2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya.
3. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya.
4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional maupun global.

Ruang Lingkup:
1. Seni rupa
2. Seni musik
3. Seni tari
4. Seni teater

  Standar Kompetensi Lulusan:
a. Seni Rupa
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.

b. Seni Musik
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan berkelompok.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara  secara perseorangan dan berkelompok.

c. Seni Tari
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan  berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara.

d. Seni Teater
1. Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari teater  terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari teater  terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara.
4. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari teater  tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara.

9 )  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan
  Tujuan:
1. Mengembangkan ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan gerak dasar.
4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
6. Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, trampil serta memiliki sikap yang positif.

Ruang Lingkup:
1. Permainan dan olahraga
2. Aktivitas pengembangan
3. Aktivitas senam
4. Aktivitas ritmik
Standar Kompetensi Lulusan:
1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olah raga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2. Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat.
3. Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.
4. Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana.
5. Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik.
6. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba.

 10)  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  Tujuan
1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi.
2. Mengembangkan ketrampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha pengembangan diri dan pelestarian lingkungan
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
  Ruang Lingkup:
1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi dan menyajikan informasi.
2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
Standar Kompetensi Lulusan:
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan prospeknya di masa datang.
2. Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer.
3. Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana.
4. Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi.

Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Dengan mengacu pada visi MTs NU Al BadarRambipuji yang mengutamakan pemahaman dan ketrampilan hidup dan tetap melestarikan budaya bangsa, didukung hasil analisis potensi dan kebutuhan lingkungan, serta potensi sekolah yang meliputi sumber daya manusia (pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik) serta ketersediaan sarana prasarana yang ada di sekolah, MTs NU Al BadarRambipuji menentukan bahasa Jawa sebagai  muatan lokal wajib.  
1) Bahasa Jawa
Tujuan: 
Sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai budaya (Jawa) dalam wujud komunikasi dan apresiasi sastra.
Ruang Lingkup:
1. Mendengar
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis
STANDAR KOMPETENSI MATA PELAJARAN Kelas IX
Sebagaimana tertuang dalam Permendikbud No 21 tentang pelaksanan standar isi, bahwa madrasah dapat mengembangkan kurikulum dengan standar yang telah tinggi daripada standar isi dan standar kompetensi lulusan dengan melakukan inovasi. 
Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tiap-tiap mata pelajaran  sebagai berikut :
KELAS IX SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
SK-KD QH-2 1. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari 2.1 Mengartikan Q.S. al-Qari’ah, al-Zalzalah
2.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Qari’ah, al-Zalzalah
2.3 Menunjukkan contoh-contoh fenomena kehidupan yang terkait dengan isi kandungan Q.S. al-Qari’ah, al-Zalzalah
SK-KD QH-3 2. Memahami hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam 
Menulis hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Menghafal hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Mengartikan hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Menjelaskan isi kandungan hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Menunjukkan contoh perilaku yang mengamalkan hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Menerapkan isi kandungan hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam kehidupan sehari-hari
Kelas IX SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
SK-KD QH-1 1. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan 1.1 Menerapkan hukum bacaan mad, lam dan ro dalam QS. Al-Ashar, Al-Qadr , Al-‘Alaq, Surat Al-Insyiroh
1.2 Menerapkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an
SK-KD QH-2 2. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari 2.1 Mengartikan QS. al- al-Ashar, Al-‘Alaq, Surat Al-Insyiroh
2.2 Memahami isi kandungan QS. al- al-Ashar, Al-‘Alaq, Surat Al-Insyiroh
2.3 Menunjukkan contoh-contoh fenomena kehidupan yang terkait dengan isi kandungan QS. al- al-Ashar, Al-‘Alaq, Surat Al-Insyiroh
2.4 Menerapkan isi kandungan QS. al- al-Ashar, Al-‘Alaq, Surat Al-Insyiroh dalam kehidupan sehari-hari
SK-KD QH-3 3. Memahami hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu 
Menulis Hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
Menghafal Hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
Mengartikan Hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
Menjelaskan isi kandungan Hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
Menunjukkan contoh perilaku yang mengamalkan hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.1 Menerapkan isi kandungan hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu dalam kehidupan sehari-hari

Kelas IX Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
SK-KD AQIDAH-14



14. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir 14.1
14.2

14.3

14.4
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
Meunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
Menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir.
SK-KD AQIDAH-15
15. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri 15.1

15.2

15.3 Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif 
Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan 

FIQIH
Kelas VIII, Semester I
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
SK-KD FIQIH 1 1. Melaksanakan tata cara sujud diluar shalat 1.1 Menjelaskan ketentuan sujud syukur dan tilawah  
1.2 Mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
SK-KD FIQIH 2 2. Melaksanakan tatacara puasa Menjelaskan  ketentuan puasa 
   2.2 Menjelaskan macam-macam puasa  
SK-KD FIQIH 3 3. Melaksanakan tatacara zakat 3.1 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat maal
3.2 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat  
3.3 Mempraktekkan pelaksanaan zakat fitrah dan maal

Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
SK-KD FIQIH 4 4. Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat 4.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah
4.2  Mempraktekkan shadaqah, hibah dan hadiah
SK-KD FIQIH 5 5. Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah 5.1  Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah
5.2  Menjelaskan macam-macam haji    
5.3  Mempraktekkan tatacara ibadah haji dan umrah 
SK-KD FIQIH 6 6. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman 6.1 Menjelaskan jenis-jenis  makanan dan minuman  halal
6.2 Menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan dan  minuman halal
6.3 Menjelaskan  jenis-jenis makanan dan minuman  haram
6.4 Menjelaskan bahayannya mengkonsumsi makanan dan minuman haram
6.5 Menjelaskan jenis-jenis  binatang yang halal dan haram dimakan    

*Kelas , IX Semester I
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
SK-KD FIQIH 1 1. Memahami tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah 1.1 Menjelaskan ketentuan penyembelihan binatang
 1.2 Menjelaskan ketentuan qurban
1.3 Menjelaskan ketentuan aqiqah   
1.4 Mempraktekkan tatacara qurban dan aqiqah
SK-KD FIQIH 2 2. Memahami tentang muamalah 2.1  Menjelaskan ketentuan jual beli
2.2  Menjelaskan ketentuan qiradh 
2.3  Menjelaskan jenis-jenis riba    
2.4 Mendemonstrasikan ketentuan pelaksanaan jual beli, qirodl dan riba 




Kelas , IX Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
SK KD FIQIH 3 3. Memahami muamalah di luar jual beli 3. 1 Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam 
3.2  Menjelaskan ketentuan  utang piutang, gadai dan borg  
3.3  Menjelaskan ketentuan  upah
3.4  Mendemonstrasikan ketentuan tata cara pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah   
SK KD FIQIH 4 4. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur 4.1 Menjelaskan  ketentuan  tentang pengurusan jenazah,ta’ziyah dan ziarah kubur
4.2  Menjelaskan ketentuan-ketentuan harta si mayat (waris)  
4.3 Mempraktekekan tatacara pengurusan jenazah

KELAS IX SEMESTER 1
SK-KDPPKN-10



3. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
10.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
10.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara
10.3 Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara

SK-KDPPKN-11 11. Memahami pelaksanaan otonomi daerah
Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah
Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah

KELAS IX SEMESTER 2
SK-KDPPKN-12











SK-KDPPKN-13 4. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara






5. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa 12.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia
12.2 Mendeskripsikan politik luar negeri   dalam hubungan internasional di era global
12.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
12.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi
Menjelaskan  pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan

Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa



KELAS IX SEMESTER 1
SK-KD BIND-33



SK-KD BIND-34




SK-KD BIND-35




SK-KD BIND-36




SK-KD BIND-37



SK-KD BIND-38



SK-KD BIND-39




SK-KD BIND-40 Mendengarkan
33. Memahami dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio  
Berbicara
34. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan  
Membaca
35. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai  
Menulis
36. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,  resensi, dan karangan
Mendengarkan
37. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair
Berbicara
38. Mengungkapkan kembali  cerpen dan puisi  dalam bentuk yang lain   
Membaca
39. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
Menulis
40. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman  dalam  cerita pendek
33.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
33.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran  radio

34.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
34.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas




35.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif   
35.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku   melalui kegiatan membaca memindai


36.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
36.2 Meresensi buku pengetahuan 
36.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

37.1 Menemukan tema dan pesan  syair yang diperdengarkan   
37.2 Menganalisis unsur-unsur  syair yang diperdengarkan


38.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen 
38.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun


39.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen 
39.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan  pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen





40.1 Menuliskan kembali  dengan kalimat sendiri  cerita pendek yang pernah dibaca 
40.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami


KELAS IX SEMESTER 2
SK-KD BIND-41



SK-KD BIND-42



SK-KDBIND-43




SK-KD BIND-44






SK-KDBIND-45







SK-KDBIND-46




SK-KDBIND-47




SK-KDBIND-48 Mendengarkan
41. Memahami isi  pidato/khotbah/ceramah
Berbicara
42. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dalam pidato dan diskusi
Membaca
43. Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
Menulis
44. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk  karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca

Mendengarkan
45. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel

Berbicara
46. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama

Membaca
47. Memahami novel dari berbagai angkatan


Menulis
48. Menulis naskah drama      
41.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
41.2 Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah

42.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
42.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi

43.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan  buku melalui kegiatan membaca ekstensif   
43.2 Mengubah sajian grafik, tabel,  atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif   
43.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat   200 kata per menit 

44.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
44.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
44.3 Menulis  surat pembaca tentang lingkungan sekolah



45.1 Menerangkan  sifat-sifat tokoh dari kutipan  novel yang dibacakan  
45.2 Menjelaskan  alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan




46.1 Membahas pementasan  drama yang ditulis siswa  
46.2 Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh siswa


47.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan  20-30 an
47.2 Membandingkan karakteristik  novel angkatan  20-30 an

48.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
48.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata

KELAS IX SEMESTER 1
SK-KDBA-17
















SK-KDBA-18



















SK-KDBA-19



















SK-KDBA-20 Mendengarkan/Istima’
17. Memahami makna dalam hiwar dan teks lisan sederhana













Berbicara/Kalam
18. Mengungkapkan hiwar dan teks lisan sederhana
















Membaca/Qira’ah
19. Memahami makna dan kandungan teks tulis sederhana
















Menulis/Kitabah
20. Mengungkapkan gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis 17.1 Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana tentang  الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم ,   صوم رمضان , عيد الفطر ,  برنامج الحفل  dan  الشهور القمرية
17.2 Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana yang meliputi struktur kalimat Dasar:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع ,فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى
17.3 Merespon gagasan yang terdapat dalam hiwar dan teks lisan sederhana tentang :الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى

18.1 Melafalkan materi hiwar dengan baik dan benar mengenai :  الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى
18.2 Mendemonstrasikan hiwar sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar mengenai : الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى
18.3 Mengungkapkan gagasan yang terdapat dalam teks hiwar/teks lisan dengan sederhana mengenai : الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى
19.1 Membaca nyaring bermakna kata, frase dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan : الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى
19.2 Merespon makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan : 
19.3 Merespon gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan : الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى


20.1 Mentransfer gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis yang berkaitan dengan : الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى
20.2 Merespon gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis yang berkaitan dengan :  الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى
20.3 Menyampaikan gagasan sederhana dalam bentuk teks tulis sederhana berupa Kitabah muwajjah yang berkaitan dengan :  الحفل بدكرى ميلاد الرسول صلى الله عليه و سلم , صوم رمضان , عيدالفطر , برنامج الحفل  dan الشهور القمريةdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  فعل مضارع + جمع مدكر سالم  ,، جملة إسمية تصريف الفعل المضارع , فعل ماضى ، حرف جزم  dan تصريف الفعل الماضى


KELAS IX SEMESTER 2
SK-KDBA-21












SK-KDBA-22
















SK-KDBA-23

















SK-KDBA-24 Mendengarkan/Istima’
21. Memahami makna dalam hiwar dan teks lisan sederhana









Berbicara/Kalam
22. Mengungkapkan hiwar dan teks lisan sederhana













Membaca/Qira’ah
23. Memahami makna dan kandungan teks tulis sederhana












Menulis/Kitabah
24. Mengungkapkan gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis
21.1 Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana tentang خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستنا
21.2 Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana yang meliputi struktur kalimat Dasar:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل
21.3 Merespon gagasan yang terdapat dalam hiwar dan teks lisan sederhana tentang :  خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل

22.1 Melafalkan materi hiwar dengan baik dan benar mengenai :  خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل
22.2 Mendemonstrasikan hiwar sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar mengenai : خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل
22.3 Mengungkapkan gagasan yang terdapat dalam teks hiwar/teks lisan dengan sederhana mengenai :  خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل

23.1 Membaca nyaring bermakna kata, frase dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan : خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل
23.2 Merespon makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan : خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل
23.3 Merespon gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan : خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل

24.1 Mentransfer gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis yang berkaitan dengan : خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل
24.2 Merespon gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis yang berkaitan dengan :  خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل
24.3 Menyampaikan gagasan sederhana dalam bentuk teks tulis sederhana berupa Kitabah muwajjah yang berkaitan dengan :  خالق العالم ,   الزكاة , الحج dan  مدرستناdengan menggunakan struktur kalimat Dasar yang meliputi:  ثلاثى مزيد بحرف  , فعل الأمر,اسم الموصول dan اسم التفضيل


KELAS IX SEMESTER 1

SK-KDBING-25















SK-KDBING-26









SK-KDBING-27
















SK-KDBING-28










SK-KDBING-29













SK-KDBING-30 Mendengarkan
25. Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari








26. Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksidalam konteks kehidupan  sehari-hari


Berbicara
27. Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari







28.  Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Membaca
29. Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksidalam konteks kehidupan  sehari-hari





Menulis
30. Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
25.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur:meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
25.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tuturberikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman

26.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
26.2 Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

27.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
27.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman

28.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
28.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

29.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
29.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
29.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

30.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
30.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

KELAS IX SEMESTER 2

SK-KDBING-31












SK-KDBING-32









SK-KDBING-33















SK-KDBING-34



SK-KDBING-35












SK-KDBING-36 Mendengarkan 
31. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari





32. Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Berbicara
33. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari





34. Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Membaca
35. Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari






Menulis
36. Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari 36.1 ts

KELAS 9 SEMESTER 1
SK-KDMAT-12





SK-KDMAT-13






SK-KDMAT-14

SK-KDMAT-15 Geometri dan Pengukuran
12.  Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
13. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya


Statistika dan Peluang
14. Melakukan pengolahan dan penyajian data

15. Memahami peluang kejadian sederhana 12.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
12.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
12.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah


13.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
13.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola 
13.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola

14.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
14.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran

15.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
15.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana


KELAS 9 SEMESTER 2
SK-KDMAT-16






SK-KDMAT-17 Bilangan
16. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana

17. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
16.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar 
16.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
16.3 Memecahkan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar


17.1 Menentukan pola barisan bilangan sederhana
17.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri
17.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri
17.4 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret


KELAS IX SEMESTER 2
SK-KDIPA-18







SK-KDIPA-19
18. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari




19. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya





18.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
18.2 Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
18.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik

19.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya 
19.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
19.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
19.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait denganperubahan zat dan kalori
19.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan


KELAS IX SEMESTER 1
SK-KDIPS-14





SK-KDIPS-15




SK-KDIPS-16




SK-KDIPS-17 14. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia



15. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan


16. Memahami perubahan sosial budaya


17. Memahami lembaga    keuangan dan perdagangan     internasional
14.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
14.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

15.1 Mengidentifikasiusaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
15.2 Mendeskripsikanperistiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan

16.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat 
16.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan

17.1 Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
17.2 Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia

KELAS IX SEMESTER 2
SK-KDIPS-18






SK-KDIPS-19





SK-KDIPS-20 18. Memahami hubungan manusia dengan bumi




19. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia



20. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional

18.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola  muka bumi
18.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan  penduduk di kawasan Asia Tenggara
18.3 Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera

19.1 Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut  Irian Barat
19.2 Mendeskripsikanperistiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII,  G 30 S/PKI  dan konflik-konflik internal lainnya

20.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
20.2 Menguraikan perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional
20.3 Menguraikan  perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
20.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
20.5 Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
KELAS IX SEMESTER 1
SK-KDSBUD-33





SK-KDSBUD-34




SK-KDSBUD-35



SK-KDSBUD-36



SK-KDSBUD-37




SK-KDSBUD-38



SK-KDSBUD-39





SK-KDSBUD-40 Seni Rupa
33. Mengapresiasi karya seni rupa



34. Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa


Seni Musik
35. Mengapresiasi karya seni musik

36. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Seni Tari
37. Mengapresiasi karya seni tari


38. Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari 

Seni Teater
39. Mengapresiasi karya seni teater




40. Mengekspresikan karya seni teater
33.1 Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat 
33.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat 

34.1 Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
34.2 Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara

35.1 Mengidentifikasi  lagu mancanegara di Asia
35.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu mancanegara di Asia

36.1 Mengaransir lagu mancanegara di Asia
36.2 Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia

37.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni tari Mancanegara di Asia
37.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari Mancanegara di Asia

38.1 Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari Nusantara 
38.2 Menampilkan tari kreasi berdasarkan tari Nusantara

39.1 Merancang pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di Asia
39.2 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater tradisional dan modern mancanegara di Asia

40.1 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di Asia
40.2 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
Keterangan
Teater Kreatif: Teater yang dikembangkan berdasarkan gagasan baru yang tidak mengikuti begitu saja teater yang sudah mentradisi.

KELAS IX SEMESTER 2
SK-KDSBUD-41





SK-KDSBUD-42







SK-KDSBUD-43




SK-KDSBUD-44







SK-KDSBUD-45




SK-KDSBUD-46






SK-KDSBUD-47





SK-KDSBUD-48 Seni Rupa
41. Mengapresiasi karya seni rupa 



42. Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa





Seni Musik
43. Mengapresiasi karya seni musik


44. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik





Seni Tari
45. Mengapresiasi karya seni tari


46. Mengekspresikan diri melalui seni tari





Seni Teater
47. Mengapresiasi karya seni teater



48. Mengekspresikan diri melalui  karya seni teater 41.1 Mengidentifikasi karya seni rupa murni yang diciptakan di Indonesia
41.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia

42.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari  beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
42.2 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
42.3 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar sekolah

43.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni musik mancanegara di luar Asia
43.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik mancanegara di luar Asia

44.1 Mengaransir lagu mancanegara
44.2 Menyiapkan karya seni musik mancanegara untuk disajikan secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah
44.3 Menampilkan karya seni musik mancanegara secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah

45.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni tari mancanegara di luar Asia
45.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari mancanegara di luar Asia

46.1 Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di luar Asia
46.2 Menciptakan tari kreasi berdasarkan tari  mancanegara di luar Asia
46.3 Menyiapkan pertunjukan  tari di sekolah
46.4 Menggelar pertunjukan  tari di sekolah

47.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater tradisional dan  modern mancanegara di luar Asia
47.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia

48.1 Merancang pertunjukan  teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di luar Asia
48.2 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
48.3 Menyiapkan pertunjukan karya teater kreatif di sekolah
48.4 Menggelar pertunjukan karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah

KELAS IX SEMESTER 1
SK-KDPJOK-27


















SK-KDPJOK-28







SK-KDPJOK-29







SK-KDPJOK-30







SK-KDPJOK-31









SK-KDPJOK-32






SK-KDPJOK-33 27. Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya












28. Mempraktikkan jenis latihan beban dengan alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

29. Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

30. Mempraktikkan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

31. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya punggung  dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya*)





32. Mempraktikkan Dasar-Dasar penjelajahan di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)

33. Menerapkan budaya hidup sehat 27.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan konsisten   serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan dan bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
27.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan konsisten  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
27.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
27.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan konsisten  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
28.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan
28.2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana  serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

29.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
29.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika


30.1 Mempraktikkan rangkaian  aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
30.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika


31.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
31.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
31.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

32.1 Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan
32.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

33.1 Memahami berbagai bahaya kebakaran
33.2 Memahami cara menghindari bahaya kebakaran

KELAS IX SEMESTER 2
SK-KDPJOK-34


















SK-KDPJOK-35




SK-KDPJOK-36





SK-KDPJOK-37






SK-KDPJOK-38








SK-KDPJOK-39

SK-KDPJOK-40 34. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya












35. Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana  


36. Mempraktikkan rangkaian gerak senam   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

37. Mempraktikkan senam irama   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


38. Mempraktikkan kecakapan teknik dasar gaya renang  dan nilaii- nilai yang terkandung di dalamnya*). 



39. Mempraktikkan keterampilan Dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

40. Menerapkan budaya hidup sehat
34.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
34.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**)
34.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)
34.4 Mempraktikkan  variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)

35.1 Mempraktikkan tes  kesegaran jasmani secara sederhana 
35.2 Menginterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran 

36.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman
36.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan alat   serta nilai percaya diri dan disiplin

37.1 Mempraktikkan kombinasi gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
37.2 Mempraktikkan gerak rangkaian senam irama menggunakan alat dengan koordinasi  serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan, dan estetika

38.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki dan lengan, renang gaya bebas dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
38.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan dan pernapasan, renang gaya bebas dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

39.1 Mempraktikkan perencanaan Dasar-Dasar kegiatan menjelajah alam bebas  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, pengambilan keputusan dalam kelompok.
39.2 Mempraktikkan keterampilan Dasar penyelamatan penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok

40.1 Memahami berbagai bahaya bencana alam
40.2 Memahami cara menghadapi berbagai bencana alam

KELAS IX SEMESTER 1

SK-KDTIK-6
6. Memahami Dasar-Dasar penggunaan Internet/intranet 6.1 Menjelaskan pengertian Dasar Internet/intranet
6.2 Memahami Dasar-Dasar sistem jaringan di Internet/intranet
6.3 Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
6.4 Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet 
6.5 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet

KELAS IX SEMESTER 2
SK-KDTIK-7
7. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi 
7.1 Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
7.2 Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet
7.3 Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat  
BAHASA DAERAH (JAWA)
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita dalam bentuk bahasa daerah / Pujok kulonan 
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra Jawa/Madura (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita yang disam¬-paikan secara  langsung/melalui rekam¬an 
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di da¬lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, majalah atau buku berbahasa Jawa
2.3 Menceritakan  berbagai pengalaman  dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat sesuai dengan kaidah bahasa Jawa/Madura
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca
3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (150 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi ide teks  nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif   
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif 
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif
Mendengarkan
5. Memahami langgam, kidungan yang disampaikan secara langsung/tidak langsung
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu langgam, kidungan yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman   
Mengungkapkan isi suatu langgam, kidungan yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman  
Berb
6. Membahas cerita cekak melalui kegiatan diskusi berbahasa Jawa 
6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi berbahasa Jawa  
6.2 Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan diskusi  

Membaca
7. Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca  Cerita cekak 
7.1 Membacakan cerita cekak dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerita cekak dengan kehidupan sehari-hari

PENGEMBANGAN DIRI
>Pengertian
Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembetukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir serta kegiatan ekstra kurikuler.
>Tujuan
Adapun tujuannya adalah membina dan menumbuhkan bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemandirian, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir dan kemampuan pemecahan masalah.
Bentuk Pelaksanaan
Bentuk pelaksanan dan waktunya ada 2 macam yaitu :
1. Terprogram
     Kegiatan ekstrakurikuler
Waktu dan jadwal kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan, substansi dan kompetensi yang akan dicapai, serta situasi dan kondisi sekolah.
11.3.1. Tidak Terprogram
a. Rutin, yakni yang sifatnya pembentukan perilaku dan 
b. terjadwal yaitu : bersalaman,Upacara bendera, sholat berjamaah, imtaq, tadarus  (ibadah), kebersihan dan lain – lain.
c. Spontan, yakni perilaku terpuji dalam kejadian khusus, yaitu : memberi salam, ungkapan terpuji dan mengatasi masalah yang dihadapi 
d. Keteladanan, yakni perilaku yang dapat dijadikan contoh oleh orang lain sebagai mode.

b. Ekstra Kurikuler
Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah.
Fungsi Kegiatan Ekstra kurikuler:
a. Pengembangan yaitu fungsi untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat siswa
b. Sosial yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
c. Rekreatif yaitu fungsi untuk mengembangkan suasana rileks, menggembirakan dan menyenangkan  bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan.
d. Persiapan karir yaitu fungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.
Adapun Jenis Kegiatan Ekstra kurikuler yang dikembangkan di MTs NU Al BadarRambipuji adalah sebagai berikut:
1. Pramuka
Tujuan :
1. Sebagai wahana untuk berlatih berorganisasi 
2. Melatih siswa agar terampil dan mandiri
3. Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
4. Mengembangkan jiwa sosial dan peduli kepada orang lain
5. Melatih siswa untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat
Sasaran dari kegiatan pramuka ini adalah kelas 7 dan 
a. Tingkat Penggalang Ramu
SILABUS
1.





2.





3.





4. Memiliki kecakapan kebangsaan.







Memiliki kecakapan pramuka.







Memiliki kecakapan sosial







Melengkapi administrasi Memiliki kecakapan spiritual
1.
2.
3.
4.
.
6.
7.
8.
9.

10.

11.
12.
13.

14.
15.
16.
17.
18.
19.
20. Memahami Bendera Kebangsaan Indonesia.
Memahami Lagu Indonesia Raya.
Mengetahui arti dan hafal pada, Pancasila.
Membiasakan Bahasa Indonesia di pertemuan penggalang.
Mengetahui dan hafal Dasa Darma dan Tri Satya
Mengetahui dan membiasakan salam pramuka.
Mengetahui lambang gerakan pramuka.
Mengetahui sruktur organisasi dalam gugus depan
Mengikuti latihan pasukan penggalang minimal 6 kali berturut-turut.
Melakukan baris- berbaris
Menyampaikan berita secara lisan.
Mengumpulkan data untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan
Membuat dan menggunakan simpul-simpul
Menjamu tamu dengan baik (untuk putri);
Membuat dua hasil karya (untuk putra)
Memiliki buku tabungan
Membayar uang iuran pada gugus depan
Mengetahui dan bisa mengucapkan syahadat.
Mengerti rukun iman dan Islam.

b.  Tingkat Penggalang Rakit
SILABUS
1

2
3
4
5
6 Memiliki kecakapan
kebangsaan.

Memiliki kecakapan sosial
Memiliki kecakapan pramuka.
Memiliki ketrampilan
Memelihara kesehatan .
Memiliki kecakapan spiritual 1
2
3

4
5
6
7
8
9
10

11

12

16
14

15
16
17

18 Mengetahui lambang negara Indonesia.
Hafal menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.
Mengetahui hari nasional dan pahlawan nasional.
Mengikuti kerja bakti gotong royong.
Mengetahui sopan santun dalam pergaulan
Mengamalkan dasa darma dan tri satya.
Mengetahui tanda pengenal pramuka.
Dapat memimpin barisan.
Menggunakan isyarat morse dan semaphore.
Mengikuti latihan pasukan penggalang ramu minimal 10 kali.
Memperbaiki kerusakan keeil alai rumah tangga
Memberi pertolongan pertama pada kecelakaan.
Memasak makanan di perkemahan.
Membuat peta lapangan dan sketsa pemandangan.
Mengetahui makanan yang bergizi.
Mengetahui jenis penyakit menular.
Memelihara lanaman berguna dan binatang ternak.
Membaca do'a harian .

c. Tingkat Penggalang Terap
SILABUS
1

2

3

4

5
6

7 Memiliki kecakapan kebangsaan.
Memiliki kecakapan social.
Memiliki kecakapan pramuka.
Memiliki kecakapan personal
Memelihara kesehatan
Memiliki kelengkapan administrasi
Kecakapan spiritual 1
2
3
4
5

6
7

8
9
10
11
12

13

14
15
16

17

18
19 Mengetahui arti dan sejarah Sumpah Pemuda
Bersungguh-sungguh mengamalkan pancasila
Mengetahui tentang PBB.
Mengetahui tempat-tempat di kecamatan
Mengikuti kerja bakti di kampung, tempat ibadah serta pernah membantu lembaga seperti PMI, PKK dan karang taruna
Mengikuti latihan pasukan sebagai pengalang rakit minimal 10 kali.
Menaksir jarak, tinggi, luas, isi, berat dan suhu.
Membuat peta pity.
Merencanakan dan mempersiapkan rapat kecil
Membuat balai rumah yang sederhana
Menerapkan kebersihan dan kesehatan di perkemahan, rumah, dan lingkungannya.
Melakukan olah raga atletik atau renang dan olah raga permainan.
Memiliki buku tabungan.
Membayar uang iuran.
Membantu jalannya administrasi keuangan gugus depannya.
Memiliki minimal Bata Panda Kecakapan Khusus.
Mengetahui hari hari raya Islam.
Bertindak sebagai imam dalam sholat berjamaah di perkemahan.

2. Hadrah 
Tujuan : Mengembangkan bakat, minat dan prestasi siswa dalam bidang kesenian khas islami.
SILABUS

1























2 Teknik pukulan Rebana
Pukulan laki-laki























Pukulan perempuan
1







2







3







1







2







3
Laki-Laki Pelan
{T D T TD}D (pukul tiga kali dan lanjukan di bawahnya)
TT T T TT T D DD D D DD DDT
TT D TT T T TT TT D TT T D
T T T TT T T TT TT D TT T D
TT TT D TT T D

Laki-Laki Cepat
D{ T DD D T T D}{D (pukul tiga kali dan lanjukan di bawahnya)
T TT T T D D D D D D D
T TT D T T T T TT D T T D
T T T T T T TT D T T D{D
T TT D T T D 

Laki-Laki Versi
D{ TT DD D TT T D}D (pukul tiga kali dan lanjukan di bawahnya)
TT T T TT T D DD D D DD DDT
TT D TT T T TT TT D TT T D
T T T TT T T TT TT D TT T D
TT TT D TT T D

Perempuan Pelan
{T D T T D}D (pukul tiga kali dan lanjukan di bawahnya)
TT TT T TT TD D DD DD D DD DD
T TT D TT TT T TT TT D TT TD
T TT T TT TT T TT TT D TT TD
D TT TT D TT TD

Perempuan Cepat
D{ T T DD D T TD}{D (pukul tiga kali dan lanjukan di bawahnya)
T TT T T TD D D DD D D DD
T TT D T TT T T TT D T TD
T TT T T TT T T TT D T TD
D T TT D T TD

Perempuan Versi
D{ T TT DD D TT TD}D (pukul tiga kali dan lanjukan di bawahnya)
TT TT T TT TD D DD DD D DD DD
T TT D TT TT T TT TT D TT TD
T TT T TT TT T TT TT D TT TD
D TT TT D TT TD

3. Baca Tulis Al Qur’an/BTA
Tujuan : Meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi kandungan Al-Qur’an.







Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas 7,8 dan 9.
SILABUS
Membaca Alqur-an (tadarus) dengan fasih menurut kaidah ilmu tajwid.
Membaca huruf hijaiyyah sesuai dengan makhraj (tepat)
Mengenal tanda baca serta membacanya dengan fasikh
Menghafal Surat pendek dan bacaan sholat 
Mengenal tanda-tanda nun sukun, tanwin dan mim sukun, qolqolah serta membacanya dengan fasikh
Menghafal bacaan sholat
Membaca dan mengetahui tanda¬tanda waqof, bacaan panjang/mad, bacaan dengung, al Syamsiyah dan Al qomariyah
Menghafal Al Qur’an dengan benar dan fasih menurut kaidah ilmu tajwid Menghafal Al Quran Juz ‘Amma (juz 30)
Menghafal Al Qur’an dengan benar dan fasih menurut kaidah ilmu tajwid Menghafal :
 1.  QS. Yasiin
 2.  Asmaul Husna
Menulis surat-surat pendek Pilihan dengan baik dan benar Menulis surat-surat pendek Juz ‘Amma yang di   tentukan beserta artinya.

4. Marching Band
Tujuan: Mengembangkan bakat, minat dan prestasi siswa dalam bidang seni musik
SILABUS
Teori Dasar Perkusi Marching. para pemula akan
lebih mengerti konsep tentang
perkusi Marching, instrumen
dasar dan sikap bermain secara
keseluruhan
Teori Musik Dasar Dasar Not
Pengenalan Birama
Pengenalan harga not
dengan contoh pohon not
Variasi not 1/8 dan 1/16
Latihan baca variasi not
Latihan baca variasi not
dengan variasi tempo dan
Gripping (Cara Pegang) Pengetahuan umum tentang cara Match Grip dengan variannya dan Traditional Grip 
Match Grip yang dipakai dan detail Traditional Grip
Stroking (Cara Pukul) Pemahaman dasar otot yang digunakan dan penerapannya Single Stroke satu tangan
(8-8 dan 8-8-16 atau sejenisnya) 
Single Stroke dua tangan (Timing not 1/16) Pulse (Nadi) Double Stroke (Variant Diddle)
Gabungan variasi singlet stroke satu dan dua tangan 
Gabungan variasi single satu dan dua tangan dan Pulse
Gabungan variasi single satu dan dua tangan, Pulse dan Double Stroke

5. Paskibra
Tujuan: Mengembangkan bakat, minat dan prestasi siswa dalam bidang olah raga pencak silat dan meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa.
SILABUS
Aba-aba Aba-aba terdiri atas 3 bagian dengan urutan-urutan:
1.  Aba-aba petunjuk
2.  Aba-aba peringatan
3.  Aba-aba pelaksanaan
Contoh aba-aba petunjuk :
-    Kepada bendera merah putih
-    Kepada pembina/pemimpin upacara
-    Untuk perhatian.
Contoh Aba-aba peringatan :
-    Lencang kanan
-    Istirahat di tempat
-    Hormat
Contoh Aba-aba pelaksanaan :
-    Gerak
-    Jalan
-    Mulai
Gerakan Dasar Macam-Macam Gerakan Dasar
-    Sikap sempurna
-    Sikap istirahat
-    Periksa kerapihan
-    Lencang kanan/kiri
-   Lencang depan
-   ½ lencang kanan/kiri
-   Hadap kanan/kiri
-   Hadap serong kanan/kiri
-    Balik kanan
-    Jalan ditempat
-    Bubar dan kumpul
Gerakan Perorangan Gerakan Perorangan
a.       Sikap sempurna
Aba-aba :siap = gerak ...!!!
Pelaksanaanya :badan/tubuh berdiri tegap, kedua tumit rapat dan telapak kaki membentuk sudut 450, lutut lurus, paha dirapatkan berat badan dibagi atas dua kaki, lengan rapat pada bagian badan dan dirapatkan pada paha lurus dengan jahitan celana /rok, pergelangan lurus dijari-jari tangan menggenggam tidak terpaksa dan punggung ibu jari menghadap kedepan, leher lurus, dagu ditarik sedikit kebelakang, mulut ditutup, mata memandang lurus lurus mendatar kedepan pada satu titik (pada bagian belakang leher teman yang ada didepannya) dan bernafas sewajarnya.
b.      Sikap istirahat
Aba-aba : istirahat ditempat = gerak ...!!!
Pelaksanaannya : kaki kiri dipindah kesamping kri dengan jarak sepanjang telapak kaki atau selebar bahu ± 30 cm. Kedua belah tangan diangkat belakang diatas sabuk, kemudian tangan kanan dikepalkan,tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan.
c.       Periksa kerapihan
Maksud periksa kerapihan itu sendiri untuk merapihkan perlengkapan yang dipakai anggota pada saat itu pasukan dalam keadaan istirahat.
Aba-aba : periksa kerapihan = mulai... !!!
Pasukan secara serentak mengambil sikap sempurna. Pada saat aba-aba pelaksanaan dengan serentak membangkitkan badan masing-masing, mulai memeriksa atau membetulkan perlengkapannya dari bawah ujung kaki keatas sampai ke tutup kepala dimuali dari sebelah kiri lalu kanan. Setelah yakin sudah rapih , masing-masing anggota pasukan mengambil  sikap sempurna.kemudian komandan pasukan mengambil aba-aba SELESAI. Dengan serentak pasukan mengambil sikap istirahat kembali.
d.      Lencang kanan/kiri
Aba-aba : lencang kanan/kiri = gerak ...!!!
Pelaksanaan : gerakan ini dijalankan dalam sikap sempurna.
Pada aba-aba pelaksanaan semua mengangkat lengan kanan/kiri kesamping kanan/kiri, jari-jari  tangan kanan/kiri menggenggam punggung tangan menghadap keatas.
Bersamaan dengan ini kepala dipalingkan ke kanan/kiri dengan  tidak terpaksa kecuali punjuru paling kanan/kiri menghadap kedepan.
Masing-masing meluruskan diri hingga dapat melihat dada orang-orang yang berada disebelah kanan/kiri sampai kepada penjuru kanan/kirinya. Jarak kesamping harus sedemikian rupa, hingga masing-masing jari-jari menyentuh bahu kanan/kiri orang yang berada disebelahnya.
Contoh:
-          Kalau bersyaf tiga, maka bagi mereka yang berada di syaf tengah dan belakang kecuali pejuru, setelah meluruskan kedepan dengan pandangan mata, ikut pula muka memalingkan kesamping kanan/kiri dengan tidak mengangkat tangan.
Penjuru pada saf tengah belakang mengambil antara kedepan sepanjang satu lengan di tambah dua kepal dan setelah lurus menurunkan tangan.
Setelah masing-masing dirinya berdiri lurus dalam barisan, maka semua berdiri ditempatnya dan kepala tetap di palingkan ke kanan/kira.
Semua gerakan di kerjakan dengan badan tegak seperti dalam sikap sempurna.
Pada aba-aba :tegak = gerak
Semua anggota dengan srentak menurunkan lengan dan memalingkan muka kembali kedepan dan berdiri dalam sikap sempurna.
-          Untuk meluruskan saf dalam barisan dari sebelah kanan atau kiri pasukan harus bisa menitik beratkan kepada kelurusan tumit (bukan ujung sepatu).

Variasi dan formasi
Perbedaan Variasi dan formasi:
Variasi   = gerakan yang dilakukan bersama – sama dengan serempak tetapi tidak
   merubah barisan.
Formasi  = gerakan yang dilakukan bersama – sama dengan serentak dan merubah bentuk suatu
    Barisan serta kembali kebarisan awal.
Persamaan variasi dan formasi:
Gerakan yang dilakukan bersama – sama dengan serentak baik merubah ataupun tidak merubah barisan tetapi tidak lepas dari gerakan dasar (materi PBB dasar).
Panjang Tempo dan Macam Langkah Macam langkah :                                                                                         
- Langkah biasa pajang 70 cm                                                        
- Langkah tegap panjang 70 cm                                                        
- Langkah perlahan panjang 40 cm                                                    
- Langkah kesamping panjang 40 cm                                                        
- Langkah ke belakang panjang 40 cm                                                        
- Langkah kedepan panjang 60 cm                                                        
- Langkah diwaktu lari panjang 80 cm    

Adapun jadwal kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan di MTs NU Al BadarRambipuji sebagai berikut:

a) Jadwal Kegiatan Pengembangan Diri
No Nama Kegiatan Kelas Hari Waktu
1 Terprogram

Baca Al Qur’an/ Tadarrus 7,8,9 Selasa s.d Sabtu Sesuai jadwal
Peringatan HBN dan PHBI 7,8,9 Sesuai jadwal Sesuai jadwal
Ekstrakurikuler 
(Tiap siswa memilih satu)
Pramuka (wajib) 7 & 8 Sabtu 10.30 s.d selesai
BTA (wajib) 7,8,9 Sesuai jadwal Sesuai jadwal
Hadrah 7,8,9 Sabtu 10.30 s.d selesai
Paskibra 7,8,9 Sabtu 10.30 s.d selesai
Marching Band 7,8,9 Jumat 13.00 s.d selesai
2 Tidak Terprogram
Rutin
Upacara Bendera 7,8,9 Senin 06.45 s.d 07.30
Menjaga Kebersihan Kelas dan Lingkungan 7,8,9 Senin s/d  Sabtu 07.00 s.d 13.10
Berdo’a bersama setiap awal dan akhir pelajaran 7,8,9 Senin s/d  Sabtu Sesuai jadwal
Berjabat tangan dengan guru setiap awal dan akhir pelajaran 7,8,9 Senin s/d  Sabtu Sesuai jadwal
Menjaga Kerapian Berpakaian
7,8,9 Senin s/d  Sabtu 07.00 s.d 13.10
Berbicara sopan setiap saat kepada setiap warga sekolah    7,8,9 Senin s/d  Sabtu 07.00 s.d 13.10
Spontan
Membiasakan mengucap salam kepada setiap warga sekolah yang baru ditemui 7,8,9 Senin s/d  Sabtu Situasional
Membiasakan membuang sampah pada tempatnya 7,8,9 Senin s/d  Sabtu Situasional
Membiasakan mengatasi silang pendapat dengan benar 7,8,9 Senin s/d Sabtu Situasional
Kunjungan Kepada Teman yang sakit    7,8,9 Senin s/d Sabtu Situasional
Mengadakan Ta’ziah 7,8,9 Senin s/d Sabtu Situasional
Keteladanan
Memberi contoh berpakaian rapi 7,8,9 Senin s/d Sabtu Situasional
Memberi contoh datang dan pulang tepat waktu    7,8,9 Senin s/d Sabtu Situasional
Memberi contoh hidup sederhana    7,8,9 Senin s/d Sabtu Situasional
Memberi contoh memuji hasil karya yang baik 7,8,9 Senin s/d Sabtu Situasional

b) Alokasi Waktu
Pengembangan diri untuk kelas VII s/d kelas VIII dialokasikan 2 jam pelajaran (ekuivalen 2 X 40 menit) . Pengembangan diri untuk kelas IX diarahkan pada program pembelajaran intensif dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional.
c) Penilaian
Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala (setiap akhir semester) kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk nilai kualitatif : A, B, C, atau D
1. PENGATURAN BEBAN BELAJAR

Beban belajar satuan pendidikan MTs NU Al BadarRambipuji di laksanakan Beban belajar setiap mata pelajaran dinyatakan dalam satuan jam pelajaran. Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai standar Kompetensi Lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik. 
Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar tatap muka perjam pembelajaran berlangsung selama 40 menit. Beban belajar tatap muka per minggu di MTs NU Al BadarRambipuji adalah 46 jam untuk kelas VII ,VIII,dan IX.
Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi untuk mencapai Standar Kompetensi. Waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik maksimum 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
Penyelesaian program pendidikan dengan menggunakan sistem paket adalah tiga tahun.

Tabel Pengaturan Beban Belajar
Kelas Satu jam pembelajaran/tatap muka (menit) Jml jam pemb.
Per minggu Jml minggu
Effektif / Tapel Alokasi waktu
Pemb. Per tahun
7 40 46 40 1840 JP
8 40 46 40 1840 JP
9 40 46 40 1840 JP



PENGATURAN WAKTU KBM :
b. Waktu Belajar
Waktu belajar menggunakan sistem semester yang membagi  tahun pelajaran menjadi dua semester.
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama 6 (enam) hari, yaitu:
HARI JML JAM PELAJARAN WAKTU BELAJAR
Senin 8 07.30 – 13.10
Selasa 8 07.30 – 13.10
Rabu 8 07.30 – 13.10
Kamis 8 07.30 – 13.10
Jum’at 4 07.00 – 10.10
Sabtu 6 07.00 – 10.10
Jumlah 46 jam pelajaran 46 jam

c. Alokasi Waktu Kegiatan Belajar Mengajar :
No Jam ke Senin Jam ke Selasa s.d Kamis Jumat Sabtu
Upa
cara 06.45 - 07.30 Sholat Duha & BTA 06.45 - 07.30 06.45 - 07.30 06.45 - 07.30
1 1 07.30 – 08.10 1 07.30 – 08.10 07.30 – 08.10 07.30 – 08.10
2 2 08.10 – 08.50 2 08.10 – 08.50 08.10 – 08.50 08.10 – 08.50
3 3 08.50 – 09.30 3 08.50 – 09.30 08.50 – 09.30 08.50 – 09.30
4 4 09.30 – 10.10 4 09.30 – 10.10 09.30 – 10.10 09.30 – 10.10
25“ Istirahat 25” Istirahat Pulang Istirahat
5 5 10.30 – 11.10 5 10.30 – 11.10 10.30 – 11.10
6 6 11.10 – 11.50 6 11.10 – 11.50 11.10 – 11.50
7 7 11.50 – 12.30 7 11.50 – 12.30
8 8 12.30 – 13.10 8 12.30 – 13.10

1. Pengaturan Beban Belajar
a. Sistem yang digunakan
Menggunakan sistem paket sesuai standar isi
b. Waktu Tatap Muka
1) Dalam 1 minggu 40  jam untuk kelas VII - IX.
2) Jam masuk dimulai pada jam 06.45 WIB  digunakan untuk sholat Duha,  jam pembelajaran mulai pada jam 07.00 WIB dan berakhir pada jam 13.10 . Adapun beban belajar tersebut seperti tertera dalam tabel berikut :

Kelas Satu Jam Pembelajaran Tatap Muka/ Menit Jumlah Jam Pembelajaran perminggu Minggu Efektif Per-Tahun Pelajaran Waktu Pembelajaran/ Jam/Tahun
7 40 46 40 1.840
8 40 46 40 1.840
9 40 46 40 1.840

c. Alokasi Waktu Kegiatan Penugasan
1) Terstruktur/Mandiri
Waktu penugasan mandiri dan terstruktur maksimal 40% dari jumlah jam tatap muka dengan rincian sebagai berikut :
Mapel Jumlah Jam Tatap Muka Jumlah Jam Penugasan Mandiri/Terstruktur Keterangan
Pendidikan Agama
a. Al Quran Hadits
b. Aqidah Akhlak
c. Fiqih
d. SKI 4 (160menit) 2 jam
Kewarganegaraan 3 (120 menit) ½ jam
Bahasa Indonesia 6 (240 menit) 1 jam
Matematika 5-6 (240menit) 1 jam
IPA 5 (200 menit) 1 jam
IPS 5 (200 menit) 2/3 jam
Bahasa Inggris 4 (160 menit) 1 jam
Bahasa Arab 3 (120 menit) ½ Jam
Seni Budaya 4 (160 menit) 1 jam
Penjaskes 4 (160 menit) 1 jam
TIK 4 (160 menit) 1 jam

2) Kegiatan Penugasan Tidak Terstruktur
Penugasan tidak terstruktur ini harus diselesaikan peserta didik sesuai dengan kemampuannya dan waktu penyelesaiannya ditentukan sendiri oleh peserta didik.
d. Alokasi Praktik
Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satujam tatap muka.
5. Ketuntasan Belajar
Kriteria Ketuntasan Minimal belajar yang harus dicapai peserta didik adalah sebagaimana tersebut pada tabel   berikut : 
Tabel Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM  Kelas 7, 8 dan 9
No Mata Pelajaran KKM Kelas
7 8 9 Keterangan
1 Pendidikan Agama Islam
a.  Qur’an Hadis 66 70 75
b.  Aqidah Akhlaq 66 70 75
c.  Fiqih 66 70 75
d.  SKI 66 70 75
2 Pendidikan Kewarganegaraan 66 70 75
3 Bahasa Indonesia 66 70 75
4 Bahasa Arab 66 70 76
5 Matematika 66 70 75
6 IPA 66 70 75
7 IPS 66 70 75
8 KTK 66 70 75
9 Penjaskes 66 70 75
10 Muatan Lokal 66 70 75
a.  Bahasa Jawa 66 70 75
b.  Seni Budaya 66 70 75
c.  Bahasa Inggris 66 70 75
d.  T I K 66 70 75
Rata-rata 66 70 75

6. Kriteria Kenaikan Dan Kelulusan
a. KriteriaKenaikan Kelas :
Untuk dapat naik kelas seorang peserta didik harus memenuhi persyaratan yang  secara umum adalah sebagai berikut:
1) Persyaratan Akademik
Mempunyai nilai seluruh aspek penilaian pada semua mata pelajaran yang  diujikan di kelas VIIdan VIII pada semester ganjil dan genap. 
Nilai kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) tidak lebih dari tiga  mata pelajaran.
Kelompok Mata pelajaran agama dan akhlak mulia (Qur’an Hadis, aqidah dan fiqih) nilai minimal sama dengan KKM. 
2) Persyaratan Kehadiran
Kehadiran siswa minimal 90 % dari total hari efektif yang berlaku.
Tidak hadir tanpa keterangan ( alpha ) maksimal 10 % dalam satu tahun pelajaran.
3) Pesyaratan Non Akademik 
Mempunyai nilai ekstra kurikuler pramuka, BTA dan satu esktra sesuai pilihan peserta didik/ madrasah.
4) Persyaratan Kepribadian dan Nilai Karakter
Nilai kepribadian dan akhlak minimal B
Sikap Religius minimal B
Sikap Disiplin minimal B
Sikap Peduli minimal B
b. Kriteria Kelulusan
- Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
- Memperoleh nilai minimal baik untuk seluruh  kelompok mata pelajaran agama,  akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, estetika, jasmani olah raga dan  kesehatan.
- Lulus ujian  nasional dan ujian madrasah sesuai POS UN/ UAMBN  dan POS Ujian di tingkat madrasah yang berlaku.
- Nilai pengembangan diri minimal baik.







BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN

     Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran, yang mencakup  permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
Dalam menyusun kalender  pendidikan, MTs NU Al BadarRambipuji menyesuaikan dengan  kebutuhan daerah, karakteristik madrasah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, dan berpedoman pada kalender pendidikan yang dikembangkan oleh dinas pendidikan. 
A. Alokasi Waktu
Banyaknya minggu efektif untuk satu tahun pelajaran sekitar 40 minggu efektif. Jumlah minggu efektif ini tidak termasuk pekan-pekan ulangan, yang terdiri dari pekan Penilaian Tengah Semester/PTS Ganjil dan Genap, dan Penilaian Akhir Semester/PAS dan Penilaian Akhir Tahun/PAT.
      Waktu pembelajaran efektif tatap muka enam hari dalam seminggu, yaitu hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan maksimum pukul 13.10 WIB. Pelaksanaan program remedial dan pengayaan dilaksanakan sepanjang semester. Kegiatan pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler pilihan dilaksanakan pada hari Sabtu setelah kegiatan belajar mengajar selesai, dan rapat-rapat dewan pendidik menyesuaikan.
B. Penetapan Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan MTs NU Al BadarRambipuji ditetapkan sebagai berikut:
1. Permulaan tahun Pelajaran
Tahun pelajaran baru dimulai minggu ketiga bulan Juli.
2. Waktu Pelajaran
Kegiatan belajar mengajar dimulai minggu ketiga bulan Juli 2017 dan diakhiri minggu terakhir bulan Juni 2018. 
3. Pada awal minggu ketiga  bulan Juli diadakan kegitan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah)  selama 4 hari. 
4. Kegiatan Ulangan Tengah Semester/ Penilaian Tengah semester 1
Kegiatan ulangan tengah semester (PTS) dilaksanakan apabila pembelajaran efektif sudah berjalan delapan  atau sembilan minggu atau sekitar minggu pertama bulan Oktober.
5. Ulangan Akhir Semester/ Penilaian Akhir Semester 1 Ulangan akhir semester dilaksanakan sekitar awal minggu kedua bulan Desember dan menyesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan oleh KKM Kabupaten.
6. Ulangan Tengah Semester 2 kelas VIII – IX dilaksanakan sekitar minggu pertama bulan April
7. Ujian Nasional dan Ujian Madrasah dilaksanakan pada akhir bulan April  dan menyesuaikan Edaran dari Dirjen Dikdasmen.
8. Ulangan Tingkat kenaikan kelas dilaksanakan setelah pembelajaran berlangsung selama  delapan belas untuk semester ganjil maksimal 20 untuk semester genap untuk kelas  IX,  dan menyesuaikan dengan jadwal Ulangan Kenaikkan Kelas yang disusun oleh  Kementerian Agama.
9. Libur akhir semester 1 dilaksanakan  sekitar dua minggu, sedangkan  libur akhir tahun atau akhir semester 2 selama tiga minggu. Libur hari besar keagamaan dan libur nasional disesuaikan dengan kalender dan peraturan pemerintah yang berlaku. Sedangkan libur khusus berkaitan dengan kegiatan madrasah disesuaikan dengan kalender kegiatan madrasah
10. PPDB dilaksanakan mulai minggu ketiga bulan Juni atau menunggu ijin dari Pemerintah Daerah.Pembagian buku rapor semester 2 dilaksanakan sekitar minggu ketiga bulan Juni.





JUMLAH HARI EFEKTIF SEKOLAH, EFEKTIF FAKULTATIF, DAN HARI LIBUR 
SEMESTER I
NO BULAN JME HES LU LHB HET KET
1 Juli 2018 2 11 2 11 EF, 10 LHR
2 Agustus 2018 5 24 4 1 1 LHB
3 September 2018 5 23 4
4 Oktober 2018 4 24 4 1 6 PTS
5 Nopember 2018 5 25 5
6 Desember 2018 3 14 4 6 PAS, 6 Paska PAS, 10 LS
Jumlah 25 126 23 2


SEMESTER II
NO BULAN JME HES LU LHB HET KET
1 Januari 2019 4 23 5 1 1 LS1
2 Pebruari 2019 4 24 4
3 Maret 2019 4 24 5 1
4 April 2019 4 23 4 1 6 PAT, 7 UM,
5 Mei 2019 4 19 5 3 3 LHB, 3 LPP
6 Juni 2019 3 12 5 3 3 EF, 9 LHR
Jumlah 23 125 28 9

JME : Jumlah Minggu Efektif LU : Libur Umum
US/UM : Ujian Semester/Ujian Madrasah LHB : Libur Hari Besar
HES : Hari Efektif Sekolah LS : Libur Semester
HEF : Hari Efektif Fakultatif LPP : Libur Permulaan Puasa
JET : Hari efektif terganggu LHR : Libur Hari Raya     


Rincian Rekap Jumlah Hari Efektif
SEMESTER 1
NO Bulan Jumlah Hari Jumlah
Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Efektif
1 Juli 2 2 2 2 2 2 2 minggu
2 Agustus 5 5 5 4 4 4 5 minggu
3 September 4 4 4 5 5 4 5 minggu
4 Oktober 5 4 4 4 4 5 4 minggu
5 Nopember 4 5 5 4 4 4 5 minggu
6 Desember 2 2 2 3 3 3 2 minggu
Jumlah Hari 22 22 22 22 22 22 23 Minggu


SEMESTER 2
NO Bulan Jumlah Hari Jumlah
Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Efektif
1 Januari 5 5 4 4 4 4 4 minggu
2 Pebruari 4 4 4 4 4 4 4 minggu
3 Maret 4 4 5 5 5 4 5 minggu
4 April 4 4 4 4 4 5 4 minggu
5 Mei 5 5 5 4 4 4 5 minggu
6 Juni 2 2 2 3 3 3 3 minggu
Jumlah Hari 24 24 24 24 24 24 26  minggu

PROGRAM KEGIATAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MTs NU Al BadarRAMBIPUJI
SEMESTER GANJIL


NO NAMA KEGIATAN WAKTU
1 MATSAMA/MOS 13 s.d 15 Juli 2018
2 Masuk awal tahun pelajaran baru 16 Juli 2018
3 Penyusunan Perangkat Mengajar 20 Juli 2018
4 Upacara 17 Agustus 2017 17 Agustus 2018
5 Lomba HUT RI 15 s.d 18 Agustus  2018
8 Libur Idul Adha 22 Agustus 2018
9 Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H 10 September 2018
10 Penilaian Tengah Semester (PTS) 27 Sep s.d 3 Okt 2018
11 Penilaian Akhir Semester (PAS) 3 s.d 8 Desember 2018
12 Penerimaan Laporan Hasil Belajar 15 Desember 2018
13 Libur Semester 1 17 s.d 22 Desember 2018
KELAS 7 (Tujuh) dan 8 (Delapan)
SEMESTER GENAP

NO NAMA KEGIATAN WAKTU
1 Awal Masuk Semester Genap 2 Januari 2019
2 Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 7, 8 18 s.d 23 Maret 2019
3 Penilaian Akhir Semester (PAT) Kelas 7, 8 20 Mei s.d 25 Mei 2019
4 Libur Permulaan Puasa/LPP 4 s.d 7 Mei 2019
5 Libur Idul Fitri dan Libur Semester  Ganjil/LS 2 24 Juni s.d 13 Juli 2019
6 PPDB (Penerimaan Peserta didik baru) 3  s.d 15 Juli 2019

KELAS 9 (Sembilan)
SEMESTER GENAP

NO NAMA KEGIATAN WAKTU
1 Awal Masuk Semester Genap 2 Januari 2019
2 Ujian Praktek 12 s.d 13 Februari 2019
4 UAMBN/USBN 16 s.d 18 April 2019
5 UAM 20 s.d 25 Maret 2019
8 UN 2,3,4,8 Mei 2019
9 Libur Permulaan Puasa/LPP 26 s.d 29 Mei 2019
10 Penerimaan Laporan Hasil Belajar 9 Juni 2019
11 Libur Idul Fitri dan Libur Semester Genap/LS 2 3 s.d 15 Juli 2019






BAB V
PENUTUP

Sebagaimana yang telah diuraikan di pendahuluan bahwa fungsi pendidikan budaya dan karakter bangsa selain mengembangkan dan memperkuat potensi pribadi juga menyaring pengaruh dari luar yang akhirnya dapat mencerminkan budaya bangsa Indonesia. Upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa ini tentu tidak semata–mata hanya dilakukan di madrasah melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar baik melalui mata pelajaran maupun pengembangan diriyang dilakukan  kelas maupun di luar kelas.
Pembiasaan-pembiasaan dalam kehidupan seperti: religius, jujur, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, tanggung jawab dll. Perlu dimulai dari lingkungan yang paling terkecil seperti keluarga sampai dengan cakupan yang lebih luas di masyarakat, nilai-nilai tersebut perlu ditumbuhkembangkan yang akhirnya dapat membentuk pribadi karakter peserta didik yang selanjutnya pencerminan hidup suatu bangsa yang besar agar semua bisa berjalan dengan baik maka perlu diformalkan dalam kurikulum MTs NU Al BadarRambipuji.
Penyusunan dokumen KTSP ini diperuntukan kepada semua warga madrasah terutama peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sebagai acuan dalam mewujudkan pembentukan budaya madrasah  yang dapat dilakukan oleh madrasah melalui serangkaian kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang lebih berorientasi pada peserta didik. Perencanaan tingkat madrasah pada intinya adalah melakukan penguatan dalam penyusunan di tingkat MTs NU Al Badar Rambipuji, seperti menetapkan Visi, Misi, tujuan,Struktur kurikulum, Kalender akademik dan penyusunan silabus, keseluruhan perencanaan madrasah yang bertitik tolak dari melakukan analisis kekuatan dan kebutuhan madrasah akan dapat dihasilkan progam pendidikan yang lebih terarah yang tidak semata-mata berupa penguatan ranah pengetahuan dan ketrampilan melainkan juga sikap perilaku yang akhirnya dapat membentuk ahklak yang baik, Pendidikan budaya dan karakter bangsa bukan merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri atau nilai yang diharapkan ,tetapi lebih dari upaya penanaman nilai –nilai baik melalui mata pelajaran , progam pengembangan diri maupun budaya madrasah.
Peta nilai yang dapat diajarkan melalui berbagai mata pelajaran sesuai dengan Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) yang terdapat dalam Standar Isi ( SI ) begitu pula melalui pengembangan diri,seperti kegiatan rutin madrasah, kegiatan spontan, keteladanan,perencanaan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa ini dilakukan oleh semua pemangku kepentingan di madrasah yang secara bersama-sama sebagai suatu komunitas pendidik diterapkan dalam kurikulum madrasah yang selanjutnya diharapkan menjadi budaya madrasah.
Mengingat pentingnya Kurikulum 2013 sebagai pedoman pelaksanaan program pendidikan di MTs NU Al Badar Rambipuji perlu bantuan dan dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan guna mencapai tujuan pendidikan dan mengantar peserta didik menjadi generasi muda yang berkualitas.
Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013  di tingkat madrasah pada tahun pertama, program evaluasi dan refleksi penerapan Kurikulum 2013  tetap dilaksanakan dengan harapan dapat melakukan perbaikan dan penyempurnaan kurikulum yang telah berjalan dan yang akan dilaksanakan.  Tak lupa masukan dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun, tetap kami harapkan guna penyempurnaan kurikulum ini.






2 komentar untuk "Dokumen Satu Kurikulum MTs NU Al Badar 2019-2020"