Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Fikih VII (1 MTs)

SILABUS FIKIH VII

Mata Pelajaran : FIQIH
Satuan pendidikan : MTs NU Al Badar
Kelas : VII(Tujuh)
Semester : Ganjil

Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1. Meyakini pentingnya bersuci dari hadas dan najis
1.2. Menghayati ketentuan salat lima waktu
1.3. Menghayati ketentuan waktu salat lima waktu
1.4. Menghayati makna azan dan ikamah
1.5. Meyakini ketentuan salat  berjamaah
1.6. Meyakini pentingnya sujud sahwi
Meyakini manfaat zikir dan doa

2.1 Membiasakan diri bersuci dari hadas dan najis
2.2 Membiasakan diri  salat  lima waktu
2.3 Membiasakan salat tepat waktu
2.4 Membiasakan  azan dan ikamah
2.5 Membiasakan diri  salat  berjamaah
2.6 Terbiasa sujud sahwi apabila ada yang lupa dalam salat
2.7 Senantiasa  berzikir dan doa setelah salat


3.1. Memahami hadas dan najis dan tata cara menyucikan
4.1.Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis


3.1.1  Menyebutkan pengertian najis
3.1.2  Menunjukkan dalil tentang najis
3.1.3  Menjelaskan macam – macam najis
3.1.4  Membedakan macam – macam najis
3.1.5  Menerapkan tatacara bersuci dari najis

3.1.6  Menyebutkan pengertian hadats
3.1.7  Menunjukkan dalil tentang hadats
3.1.8  Menjelaskan macam – macam hadats
3.1.9  Membedakan macam – macam hadats
3.1.10  Menerapkan tatacara bersuci hadats

4.1.1 Mendemostrasikan tatacara bersuci dari hadats
4.1.2 Mendemostrasikan tatacara bersuci dari  najis



1. Pengertian najis dan dalilnya





2. Macam-macam najis dan tata cara bersuci




3. Pengertian hadats dan dalilnya


4. Macam-macam hadats dan tata cara bersuci



5. Alat-alat bersuci dan macam-macam air
6. Mendemontrasikan tatacara bersuci dari najis dan hadats



Mengamati
- Mengamati gambar macam-macam najis, mandi, berwudhu, tayamum, dan istinjak.
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang pengertian dan tatacara bersuci
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang bentuk najis dan hadats, serta tatacara bersuci
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data tentang ketentuan hadats dan najis, serta tata cara bersuci
- Mendiskusikan data yng diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil presentasi kelompok lain
- Mengidentifikasi ketentuan tata cara bersuci dan perbedaan hadas dengan najis
- Menganalis hikmah disyariatkannya bersuci dari hadas dan najis
- Merumuskan hikmah dari kisah tentang adzab bagi yang tidak bersih ketika beristinjak
- Memotivasi peserta didik agar senantiasa menjaga kebersihan setelah menyimak kisah tersebut

Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan tatacara bersuci dari hadats dan najis (wudhu, mandi, tayamum, dan tata cara istinja)
- Melaksanakan tanya jawab
- Menyimpulkan materi pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan bersuci
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
a. Observasi dengan mengamati pelaksanaan kegiatan mengamati, bertanya dan pelaksanaan diskusi
b. Mengamati  dan menilai diri sendiri
c. Mengamati  dan menilai antar teman
d. Jurnal Guru


Tes
a. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
b. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang praktek tata cara bersuci


3 x 2x40 JTM



Buku paket siswa
Gambar seputar macam-macam najis
Air, Teh, kopi ,susu, sirup, air kelapa, air es, garam, kotoran kambing. Gelas plastik.
Boneka
Batu, kertas, tissue,daun kering, kaca, plastik, batu apung, batu kali
Lembar observasi dan Lembar penilaian




3.2   Memahami ketentuan salat lima waktu
4.2   Mempraktikkan salat lima waktu
3.3.1  mengidentifikasi pengertian salat lima waktu
3.3.2  menunjukkan dalil-dalil disyariatkannya syarat lima waktu
3.3.3  menjelaskan rukun salat
3.3.4  menjelaskan rukun salat
3.3.5  menjelaskan sunah salat
3.3.6  menjelaskan yang membatalkan salat
4.2.1. mendemontrasi kan salat lima waktu 1. ketentuan salat lima waktu


2. praktek salat lima waktu
Mengamati
- Mengamati gambar salat berjama’ah, tata cara mengatur shaf, dan orang yang masbuk.
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang salat lima waktu
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat lima waktu
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat lima waktu
- Menjelaskan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil presentasi kelompok lain
- Membuat bagan tentang ketentuan salat lima waktu
- Mengemukakan pendapat tentang hikmah dari bacaan manfaat salat secara ilmiah
- Memotivasi peserta didik agar senantiasa menjaga kewajiban salat lima waktu setelah menyimak kisah tersebut

Mengkomunikasikan
- Menperagakan tatacara salat lima waktu
- Melaksanakan tanya jawab
- Memaparkan bagan tentang ketentuan salat lima waktu
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Tes
a. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
b. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang pelaksanaan salat lima waktu

2 x 2 Jam Pelajaran
Buku Paket
Gambar peragaan salat lima waktu
VCD Salat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
Kertas karton
3.3   Memahami waktu-waktu salat lima waktu
3.6   Memahami ketentuan sujud sahwi
4.3    Memsimulasi kan penentuan salat lima waktu
4.6   Memperagakan sujud sahwi
3.2.1  mengidentifikasi ketentuan waktu melaksanakan salat lima waktu
3.2.2  menunjukkan dalil-dalil waktu untuk salat lima waktu
3.3.3  menjelaskan waktu-waktu    yang  dilarang dalam salat
3.5.1  mengidentifikasi pengertian sujud sahwi
3.5.2  menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi
3.5.3 menunjukkan tata cara sujud sahwi
4.2.1.  mengidentifikasi kan waktu-waktu salat lima waktu
4.5.1  memperagakan  sujud sahwi

Ketentuan waktu salat lima waktu



Waktu-waktu yang dilarang untuk salat

Pengertian sujud sahwi dan sebab-sebabnya

Tata cara sujud sahwi
Waktu salat lima waktu
Praktek sujud sahwi Mengamati
- Mengamati gambar waktu-waktu salat lima waktu dan orang sujud sahwi
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang waktu salat dan sujud sahwi
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang waktu-waktu salat lima waktu dan sujud sahwi
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang waktu salat lima waktu dan ketentuan sujud sahwi
- Menjelaskan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
- Membuat analisis tentang ketentuan sujud sahwi
- Merumuskan hikmah penentuan waktu-waktu salat lima waktu
- Mengemukakan pendapat tentang hikmah dari kisah tentang sahabat atau ulama dengan ibadah salatnya
- Memotivasi peserta didik agar melaksanakan salat tepat waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
- Memaparkan bagan tentang waktu-waktu salat lima waktu dan ketentuan sujud sahwi
- Mensimulasikan tatacara penentuan waktu salat lima waktu dan praktek sujud sahwi.
- Melaksanakan tanya jawab
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Tes
c. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
d. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang tatacara sujud sahwi dan menentukkan waktu-waktu salat lima waktu

3 x 2 Jam Pelajaran
Buku Paket
Gambar waktu-waktu salat lima waktu
Gambar tata cara sujud sahwi
Jam dinding
Lembar observasi
Lembar penilaian
Kertas karton
3.4 Memahami ketentuan azan dan ikamah
4.4 Mempraktikkan azan dan ikamah
3.4.1  Menyebutkan pengertian azan dan ikamah
3.4.2  Menunjukkan hukum azan dan ikamah
3.4.3  Menjelaskan ketentuan azan dan ikamah
4.4.1 Mendemontrasikan tata cara azan ikamah
1. Pengertian dan hukum azan dan ikamah


2. Ketentuan azan dan ikamah
3. Praktek azan dan ikamah

Mengamati
- Mengamati gambar orang azan dengan adabnya
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang pengertian azan ikamah
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang azan ikamah
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang azan ikamah
- Mendiskusikan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
- Membuat analisis adab muadzin
- Merumuskan syarat-syarat muadzin
- Menyimpulkan hikmah dari kisah dahsyatnya Azan
- Memotivasi peserta didik agar terbiasa bersegerah melaksanakan salat ketika adzan masuk setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan tatacara azan  ikamah
- Melaksanakan tanya jawab
- Menyimpulkan dan memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan azan ikamah
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Tes
a. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
b. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang tentang praktek azan

3 x 2 Jam Pelajaran
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara azan ikamah
Kertas karton
3.5 Menganalisis ketentuan salat  berjamaah
4.5 Mendemonstrasikan tata cara salat berjamaah 3.5.1  Menyebutkan pengertian salat berjamaah
3.5.2  Menunjukkan dalil salat berjamaah
3.5.3  Menunjukkan manfaat salat berjamaah
3.5.4  Menjelaskan syarat-syarat menjadi imam
3.5.5   Menjelaskan tata cara membuat saf
3.5.6  Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
3.5.7  Menjelaskan ketentuan imam yang lupa
4.5.1  Mempraktekkan tata cara salat berjamaah 1. Pengertian dan dalil salat berjamaah
2. Manfaat salat berjamaah



3. Tatacara salat berjamaah


4. Praktek salat berjamaah Mengamati
- Mengamati gambar shaf salat berjama’ah dan orang yang masbuk
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang pengertian ketentuan salat berjamaah
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat berjamaah
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat berjamaah
- Mendiskusikan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
- Membuat analisis ketentuan salat berjamaah
- Merumuskan manfaat salat berjamaah dan udzur meninggalkannya
- Menyimpulkan hikmah dari kisah terkait tentang hikmah berjamaah
- Memotivasi peserta didik agar rajin salat berjamaah setelah menyimak kisah tersebut

Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan tatacara salat berjamaah
- Melaksanakan tanya jawab
- Menyimpulkan dan memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan azan ikamah dan salat berjamaah
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Tes
c. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
d. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang tentang praktek salat berjamaah

3 x 2 Jam Pelajaran
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar penentuan shaf salat berjamaah
Kertas karton
3.7. Memahami tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
4.7 Mendemonstrasi kan zikir setelah salat 3.7.1  Menyebutkan pengertian zikir
3.7.2  Menunjukkan dalil tentang zikir
3.7.3  Menyebutkan pengertian doa
3.7.4  Menunjukkan dalil tentang doa
3.7.5  Menjelaskan manfaat zikir dan doa
3.7.6  Menjelaskan tata cara zikir dan doa
4.7.1  Memperagakan zikir  setelah salat
4.7.2  Melafalkan doa setelah  shalat
1. Pengertian dan dalil zikir dan doa
2. Manfaat berzikir dan berdoa
3. Adab berdoa dan berzikir
4. Praktek berdoa dan berzikir sesudah salat
Mengamati
- Mengamati gambar adab berzikir dan berdoa, serta tulisan doa dan zikir sesudah salat
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang pengertian doa dan zikir, manfaat dan adab berdoa dan berzikir sesudah salat
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang doa dan zikir sesudah salat
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang zikir dan doa sesudah salat
- Mendiskusikan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
- Membuat analisis tata cara berzikir dan berdoa
- Merumuskan manfaat berzikir dan berdoa
- Merumuskan hikmah dari kisah Unta Menjadi Saksi Bagi Orang Yang Difitnah
- Memotivasi peserta didik agar terbiasa berdoa dan berzikir sesudah salat setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
- Memaparkan bagan tentang ketentuan berzikir dan berdoa sesudah salat
- Mendemonstrasikan tatacara berzikir dan berdoa sesudah salat
- Melaksanakan tanya jawab
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan Tes
a. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
b. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang praktek berdoa dan berzikir sesudah salat

2 x 2 Jam Pelajaran
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara berdoa dan berzikir
Contoh lembaran doa dan zikir
Kertas karton


Jembert, 13 Juli 2018

Guru Mata Pelajaran



Suroto, S.Ag.




SILABUS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqh
Satuan pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Kelas : VII(Tujuh)
Semester : Genap

Kompetensi Inti* :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Meyakini kewajiban melaksanakan salat  Jum’at
1.2 Menerima ketentuan salat Jamak dan Qasar
1.3 Meyakini kewajiban salat dalam berbagai keadaan
1.4 Menghayati hikmah dari salat  sunah a. Observasi dengan mengamati pelaksanaan kegiatan mengamati, bertanya dan pelaksanaan diskusi
b. Mengamati  dan menilai diri sendiri
c. Mengamati  dan menilai antar teman
d. Jurnal Guru

2.1    Membiasakan  melaksanakan  salat  Jum’at
2.2    Membiaskana  salat Jamak dan Qasar
2.3 Terbiasa  melaksanakan salat  wajib dalam berbagai kedaan
2.4 Terbiasa  melakukan salat sunah
3.1. Memahami ketentuan salat Jum’at
4.1. Mempraktikkan salat  Jum’at 3.1.1  Menyebutkan pengertian salat Jum’at
3.1.2  Menunjukkan dasar hukum salat Jum’at
3.1.3  Menjelaskan perbuatan sunah yang terkait dengan salat Jum’at
3.1.4  Menjelaskan syarat mendirikan salat Jum’at.
3.1.5  Menjelaskan adab ketika khutbah sedang berlangsung
3.1.6  Menjelaskan  rukun khutbah Jum’at
3.1.7  Menjelaskan syarat khutbah Jum’at
4.1.1  Memperagakan khutbah Jum’at
4.1.2  Mendemonstrasi kan tata cara salat Jum’at
1. Pengertian salat Jum’at


2. Dasar hukum salat Jum’at

3. Sunah pelaksanaan salat Jum’at



4. Syarat salat Jum’at

5. Khutbah salat Jum’at

6. Tata cara khutbah dan salat Jum’at Mengamati
- Mengamati gambar pelaksanaan salat Jum’at dan khatib berkhutbah
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang pengertian dan tatacara salat dan khutbah Jum’at
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dan khutbah Jum’at
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat Jum’at
- Mendiskusikan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
- Menbuat analisis ketentuan salat Jum’at
- Merumuskan hikmah disyariatkannya salat Jum’at
- Merumuskan hikmah dari kisah “Khutbah Abu Nawas”
- Memotivasi peserta didik agar senantiasa melaksanakan salat Jum’at dengan benar setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan tatacara salat dan khutbah Jum’at
- Melaksanakan tanya jawab
- Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat dan khutbah Jum’at
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Tes
a. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
b. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang salat Jum’at dan khutbahnya


4 x 2 Jam Pelajaran



Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar salat Jum’at
Gambar khatib khutbah
Teks khutbah Jum’at

Kertas karton
3.2  Memahami ketentuan salat Jamak dan Qasar
4.2. Mempraktekan salat Jamak dan Qasar 3.2.1   Menjelaskan pengertian salat jamak
3.2.2   Menyebutkan macam-macam salat jamak
3.2.3   Mengidentifikasi syarat salat jamak         
3.2.4   Menjelaskan tata cara salat jamak
3.2.5   Menjelaskan pengertian salat qasar
3.2.6   Mengidentifikasi syarat-syarat salat qasar
3.2.7  Membedakan salat jamak dengan salat qasar
4.2.1  Mendemonstrasi kan tata cara salat jamak
4.2.2  Mendemonstrasi kan tata cara salat qasar
1. Pengertian salat jamak

2. Macam-macam dan syarat salat jamak

3. Tata cara salat jamak
4. Pengertian salat qasar

5. Syarat-syarat salat qasar

6. Perbedaan salat jamak dengan salat qasar
7. Praktek salat jamak dan salat qasar Mengamati
- Mengamati gambar musafir salat jamak dan salat qasar
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang pengertian dan tatacara salat jamak dan qasar

Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat jamak dan qasar
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang salat jamak dan salat qasar
- Mendiskusikan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
- Membuat bagan tentang ketentuan salat jamak dan salat qasar
- Merumuskan manfaat salat jamak dan salat qasar
- Menyimpulkan hikmah dari kisah yang terkait dengan salat jamak dan qasar
- Memotivasi peserta didik agar menghayati akan pentingnya salat setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan tatacara salat jamak dan qasar
- Melaksanakan tanya jawab
- Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat jamak dan qasar
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Tes
a. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
b. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang salat jamak dan salat qasar


3 x 2 Jam Pelajaran



Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar musafir melaksanakan salat
Kertas karton

3.3  Memahami kaifiat salat  dalam berbagai keadaan
4.3. Memperagakan salat  dalam keadaan sakit 3.3.1  Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat
3.3.2  Menjelaskan tata cara salat dalam keadaan sakit
3.3.3  Menjelaskan tata cara salat dalam kendaraan
4.3.1  Mendemonstrasi kan cara salat  dalam keadaan sakit
4.3.2  Mendemonstrasi kan cara salat diatas kendaraan 1. Salat dalam keadaan darurat

2. Tata cara salat dalam keadaan sakit dan salat dalam kendaraan

3. Praktek salat  dalam keadaan sakit  dan salat diatas kendaraan Mengamati
- Mengamati gambar orang sakit salat dalam keadaan berbaring, duduk, dalam kendaraan
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang pengertian dan tatacara salat dalam keadaan darurat
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dalam keadaan darurat
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat dalam keadaan sakit dan dalam kendaraan
- Mendiskusikan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa presentasi hasil kelompok lain
- Membuat analisis tentang tata cara salat dalam keadaan darurat
- Merumuskan hikmah dari kisah yang terkait dengan salat dalam keadaan darurat
- Memotivasi peserta didik senantiasa menjaga pelaksanaan salat lima waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan salat dalam keadaan darurat (keadaaan sakit dan di atas kendaraan)
- Melaksanakan tanya jawab
- Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat dalam keadaan darurat
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Tes
a. Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes tertulis, lisan dan penugasan
b. Tes kemampuan psikomotorik dengan tes praktek, portofolio, dan proyek tentang salat dalam keadaan darurat


3 x 2 Jam Pelajaran



Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tata cara salat dalam keadaan sakit (berbaring dan duduk)
Gambar salat di kendaraan
Kertas karton

3.4  Memahami salat  sunah muakkad dan  salat  sunah gairu muakkad
4.4. Memsimulasikan salat  sunah muakkad dan salat  sunah gairu muakkad 3.4.1  Menjelaskan pengertian salat sunah muakkad
3.4.2  Menunjukkan dasar hukum salat sunah
3.4.3  Menjelaskan hikmah disyariatkannya salat sunah
3.4.4  Menjelaskan jenis salat muakkad sunah
3.4.5  Menjelaskan jenis salat sunah ghairu muakkad
4.4.6  Mempraktikkan tata cara salat sunah muakkad
1. Pengertian salat sunah

2. Dalil dan hikmah salat sunah





3. Macam-macam salat sunah



4. Tata cara salat sunnah
Mengamati
- Mengamati gambar orang salat dhuha, salat tarawih dan salat rawatib
- Menyimak hasil pengamatan gambarnya
- Membaca materi tentang pengertian dan tatacara salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad
Menanya
- Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang salat sunah muakad dan sunah ghairu muakkad
- Mendiskusikan hasil bacaan masing secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
- Membuat analisis tentang macam-macam salat sunah muakkad dan ghairu muakkad
- Menyimpulkan perbedaan antara salat sunah muakkad dengan ghairu muakkad
- Merumuskan hikmah disyariatkannya salat suha dari kisah Salat Sunah Dhuha Mempermudah Datangnya Rezeki
- Memotivasi peserta didik agar konsisten melaksanakan salat sunah setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
- Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad
- Mendemonstrasikan salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad
- Melaksanakan tanya jawab
- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. 3 x 2 Jam Pelajaran
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar beberapa jenis salat sunah

===> LANGSUNG DOWNLOAD FILE RPP




Posting Komentar untuk "Silabus Fikih VII (1 MTs)"