Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, Tujuan, Asas, Prinsip dan Komponen Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)

Pengertian, Fungsi, Tujuan, Asas, Prinsip dan Komponen Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)
Pengertian, Fungsi, Tujuan, Asas, Prinsip dan Komponen Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)
Pemahaman Layanan BK (Bimbingan dan Konseling) ialah usaha struktural, obyektif, rasional, terus-menerus, dan terprogram oleh konsultan atau guru Bimbingan dan Konseling untuk memberikan fasilitas pelajar/konseli capai kemandirian hingga sanggup, pahami, terima, arahkan, memutuskan, dan mewujudkan diri secara bertanggungjawab untuk capai kebahagiaan dan kesejahteraan hidupnya.

Lalu apakah yang dimaksud BK (Bimbingan dan Konseling) ? Pemahaman BK (Bimbingan dan Konseling) ialah usaha memandirikan dan memberikan fasilitas pelajar dalam rencana terwujudnya perubahan yang maksimal dan utuh. Guru BK (Bimbingan dan Konseling atau Konselor) ialah guru yang memiliki pekerjaan, tanggung-jawab, kuasa, dan hak secara penuh dalam aktivitas servis konseling dan bimbingan pada beberapa pelajar.

Pengertian, Fungsi, Tujuan, Asas, Prinsip dan Komponen Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)

Jadi Layanan BK (konseling dan bimbingan) ialah aktivitas Guru BK (Bimbingan dan Konseling atau Konselor) dalam membuat gagasan servis Bimbingan dan konseling, melakukan servis konseling dan bimbingan, menilai proses dan hasil servis konseling dan bimbingan dan lakukan pembaruan tindak lanjut manfaatkan hasil penilaian.

Layanan konseling dan bimbingan dalam implikasi kurikulum 2013 dikerjakan oleh konsultan atau guru konseling dan bimbingan sesuai pekerjaan dasarnya dalam usaha menolong terwujudnya arah pengajaran nasional, dan terutamanya menolong pelajar/konseli capai perubahan diri yang maksimal, berdikari, sukses, sejahtera dan berbahagia dalam kehidupannya. 

Untuk capai arah itu dibutuhkan kerjasama dan sinergisitas kerja di antara guru konseling dan bimbingan, guru matapelajaran, pimpinan sekolah/madrasah, staff administrasi, orangtua, dan faksi yang lain bisa menolong kelancaran proses dan peningkatan peserta didik/konseli secara utuh dan maksimal dalam sektor individu, sosial, karier, dan belajar.

A. Peranan dan Arah Layanan Bimbingan Dan Konseling 

1. Layanan Bimbingan dan Konseling berperan untuk : 

  • Peluasan pengetahuan lingkungan 
  • Penggerak perubahan 
  • Proses rekonsilasi diri dengan lingkungan 
  • Pendistribusian opsi pengajaran,tugas da karier 
  • Jalan keluar atas permasalahan 
  • Pengobatan dan perbaikan. Perawatan keadaan individu dan keadaan yang aman
  • Peningkatan kekuatan diri dengan maksimal

2. Arah Layanan Bimbingan dan Konseling 

Arah Layanan BK (Bimbingan dan Konseling) ialah Menolong konseli/pelajar agar capai perubahan maksimal dan kemandirian secara utuh dalam faktor individu,belajar,social dan karier.

B. Azas dan konsep Layanan konseling dan bimbingan 

1. Azas Layanan BK (konseling dan bimbingan) 

  • Kerahasiaan sama sesuai kaidah konseling dan bimbingan
  • Kesukarelaan dalam ikuti Layanan yang dibutuhkan 
  • Transparansi dalam memberi dan terima info 
  • Keaktifan dalam penuntasan permasalahan 
  • Kemandirian dalam ambil keputusan
  •  Modern dalam penuntasan permasalahan pada kehidupan konseli · Kedinamisan dalam melihat konseli 
  • Keterpaduan kerja antarpemangku kebutuhan pengajaran
  • Keserasian Layanan dengan misi serta visi sekolah dan nilai dan etika kehidupan yang berjalan 
  • Kedatangan dalam servis yang sama sesuai aturan akademis dan profesional
  • Pindah tangan kasus untuk Layanan di luar ketrampilan dan wewenang
  • Tut wuri handayani dalam memberikan fasilitas tiap peserta didik

2. Konsep Layanan BK (Bimbingan Dan Konseling)

  • Servis konseling dan bimbingan untuk semuanya pelajar dan tidak diskriminatif 
  • Bimbingan sebagai proses servis pribadi karena tiap peserta didik mempunyai kekhasan masing-masing 
  • Bimbingan konseling memberi dana untuk membuat penglihatan positif dalam diri dan lingkungan · Konseling dan bimbingan berjalan dalam kerangka kehidupan 
  • Konseling dan bimbingan dalam frame budaya Indonesia 
  • Konseling dan bimbingan memiliki sifat fleksibel, adaptive, dan terus-menerus
  • Servis konseling dan bimbingan diatasi tenaga profesional
  • Servis konseling dan bimbingan berdasarkan program yang berbasiskan hasil analitis keperluan pelajar sesuai perubahannya 
  • Konseling dan bimbingan dipelajari secara periodik sebagai dasar pembaruan proses Layanan dan untuk menghitung hasil yang diraih.

C. Elemen dan Program Layanan BK (Bimbingan dan Konseling ) 

1. Elemen Layanan BK (Bimbingan dan Konseling) ialah; 

  • Program Layanan 
  • Sektor Layanan 
  • Susunan dan sektor Layanan
  • Pola Layanan 
  • Aktivitas dan Peruntukan waktu

2. Program Layanan dalam kelas atau di luar kelas yang dirumuskan berbentuk program tahunan dan program semester mencakup aktivitas;

  • Layanan dasar (guidance curriculum) sebagai Layanan persiapan pengalaman terancang dan struktural agar beradaptasi dengan beberapa tugas perubahan secara normal 
  • Layanan pecintaan rencana individu supaya peserta didik belajar sesuai ketertarikannya dan ikuti proses terstruktur untuk berencana periode depannya. 
  • Layanan responsive, sebagai pemberi kontribusi dalam hadapi permasalahan pada proses perkembangannya.

Nb. Untuk yang memerlukan silakan punyai Materi PKP (PPeningkatan Kopentensi Pembelajaran) BK (Bimbingan dan Konseling) silahkan ambil di File MTs NU Al Badar.

Begitu keterangan ringkas mengenai Pengertian, Fungsi, Tujuan, Asas, Prinsip dan Komponen Layanan Bimbingan dan Konseling (BK). Mudah-mudahan ada faedahnya, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, Tujuan, Asas, Prinsip dan Komponen Layanan Bimbingan dan Konseling (BK)"