Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Umpan Balik Dari Siswa Kepada Guru Dosen Dengan Mapel Berbeda

 

Umpan Balik Laporan Laporan Adalah Pengertian Laporan Jenis Jenis Laporan Jenis Laporan Pengertian Laba Rugi Pelaporan Adalah Laporan Yang Contoh Laba Laporan Berkala Adalah Laporan Informatif Adalah Laporan Laba Rugi Bahasa Inggris Pengertian Dari Laporan Pengertian Laporan Menurut Para Ahli Jelaskan Pengertian Dari Laporan Jenis Laporan Berdasarkan Isinya Pengertian Single Step Laporan Artinya Laporan Manajemen Adalah Informasi Laporan Adalah Pendapat Tentang Laporan Tidak Boleh Bahasa Inggris Laporan Laba Rugi Yang Dimaksud Dengan Laporan Laporan Berkala
Laporan Umpan Balik Dari Siswa Kepada Guru dosen Dengan Mapel Berbeda

Laporan umpan balik siswa, guru dan dosen, kesempatan ini aku akan membagi sebuah file penting yang paling diperlukan oleh beberapa guru ketika akan melakukan penyiapan legalisasi.

Kita kenali jika jika sekolah akan melakukan legalisasi karena itu banyak penyiapan yang perlu di siapkan oleh beberapa guru di sekolah terutamanya dalam mempersiapkan document yang nanti akan diunggah atau di visitasi oleh asesor. 

Jika semua document sudah diperlengkapi oleh sekolah secara baik karena itu tentu saja di saat penerapan legalisasi nanti semua dapat jalan dengan lancar.

Ada 4 elemen khusus yang nanti jadi dasar untuk sekolah dalam mempersiapkan document legalisasi yang salah satunya yakni elemen kualitas alumnus, kualitas guru, proses management sekolah dan evaluasi. 

Untuk sekolah yang hendak lakukan atau melakukan legalisasi karena itu harus mempersiapkan semua butir yang tercantum pada 4 elemen itu.

Seperti kita kenali jika untuk sekolah yang hendak lakukan legalisasi tentu bisa ditegaskan semuanya yang turut serta akan repot untuk menyiapkan semua sesuatunya baik itu berbentuk document atau laporan yang sesuai apa yang dilakukan oleh bapak/ibu guru, kepala sekolah dan semua masyarakat sekolah pada proses evaluasi atau di luar pembelajaran.

Untuk sekolah yang hendak lakukan legalisasi karena itu awalnya lebih dulu harus mempersiapkan document yang hendak diunggah di dalam program sispena. 

Salah satunya document yang perlu di siapkan terutamanya pada elemen kualitas guru adalah document laporan umpan balik dari rekan sejawat yang dalam masalah ini adalah oleh guru (tiga orang guru dengan mata pelajaran yang berbeda).

Laporan umpan balik dari rekan sejawat yang diartikan di sini adalah kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sepekerjaan. 

Nach untuk anda yang di sekolahnya akan lakukan legalisasi dan mempunyai pekerjaan untujk mempersiapkan document laporan umpan balik dari rekan sejawat yang berbentuk kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat, karena itu lewat posting ini anda dapat memperoleh filenya secara mudah.

Selainnya laporan umpan balik oleh rekan guru sejawat yang hendak aku bagi pada posting ini di posting awalnya aku sudah membagi contoh file laporan umpan balik oleh pelajar yang tentu saja akan diperlukan pada proses kelengkapan administrasi untuk legalisasi sekolah. Nach anda dapat memperolehnya semua file itu pada website pengajaran ini secara gratis.

Di posting ini anda dapat mempunyai file contoh kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat yang dapat dijadikan dasar saat membuat laporan umpan balik dari rekan sepekerjaan. 

Nanti laporan itu dibikin sekitar 3 laporan dan diisi sesuai data yang ada dan ditujukan untuk tiga orang guru dengan mata pelajaran yang berbeda.

Lewat artikel ini aku akan membagi contoh laporan umpan balik dari guru rekan sejawat berbentuk kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat yang hendak di suguhkan di dalam 2 pola yakni ada yang memakai pola word da suara yang memakai pola PDF.

Anda dapat mempunyai contoh laporan umpan balik dari rekan sejawat (tiga orang guru dengan mapel yang lain) yang ditujukan dalam kelengkapan bukti fisik legalisasi baik untujk sekolah SD, SMP, SMA atau SMK yang hendak aku bagi ini secara gratis.

Baik berikut file document contoh laporan umpan balik dari rekan sejawat berbentuk kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat yang dimuat dalam tambahan MP1 dan sudah dihidangkan dalam pola word dan PDF berikut ini :

Silahkan download; Laporan Umpan Balik Dari Rekan Sejawat Versi Word (DISINI)

Demikian info tentang contoh kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat yang dapat aku bagi ke anda yang memerlukan contoh laporan umpan balik dari rekan sejawat untuk kelengkapan bukti fisik legalisasi yang hendak di unggah di dalam sispena. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk anda yang membutuhkannya.


LAPORAN UMPAN BALIK PROSES PEMBELAJARAN DOSEN

JURUSAN EKONOMI SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI

LHOKSEUMAWE

2017/2018

2

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap Alhamdulillah pada akhirnya laporan umpan balik dosen dan

mahasiswa program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe

dapat kami selesaikan, umpan balik ini bertujuan untuk memonitor/evaluasi sejauh mana

peningkatan dan perbaikan proses belajar-mengajar selanjutnya guna memfasilitasi mahasiswa

mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan tersebut.

Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu

dalam pelaksanaan kegiatan ini, dari mulai awal pelaksanaan sampai akhir pelaksanaan

kegiatan sehingga dapat tersusun dalam bentuk laporan umpan balik dosen dan mahasiswa

program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe.

Laporan umpan balik dosen program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis

islam IAIN Lhokseumawe ini tentunya masih ada kekurangan, oleh karenanya kami sangat

berharap banyak masukan dari segenap civitas akademika sebagai umpan balik untuk

dijadikan perbaikan dalam pelaksanaan pengukuran dan evaluasi periode yang akan datang.

Program Studi Ekonomi Islam

Penyusun.

3

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

I. Pendahuluan............................................................................................................................3

II. Tujuan Kegiatan.....................................................................................................................3

III. Waktu Pelaksanaan Kegiatan .............................................................................................4

IV. Komponen dan Aspek Pengukuran....................................................................................4

V. Metode Analisis Data ......................................................................................................4

VI. Hasil Umpan Balik Dosen dan Pembahasan...................................................................4

VII. Rekomendasi ....................................................................................................................... 10

4

LAPORAN UMPAN BALIK DOSEN DAN MAHASISWA

PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI

DAN BISNIS ISLAM

IAIN LHOKSEUMAWE

I. Pendahuluan

Kualitas pelayanan kepada pemangku kepentingan merupakan salah satu kunci

keberhasilan Organisasi. Dengan kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat

menciptakan kenyamanan dan ketenangan linkungan organisasi. Perguruan tinggi yang

berperan aktif dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, sangat

memerlukan suasana akademik dan lingkungan yang nyaman untuk melakukan proses

belajar mengajar. Dengan pelayanan yang baik perguruan tinggi diharapkan menjadi

tempat untuk berkarya dan menimba ilmu bagi dosen danmahasiswa.

Umpan balik merupakan salah satu bagian penting dari proses pembelajaran.

Pemberian umpan balik merupakan sarana evaluasi dan perbaikan untuk masa yang

akan datang. Jenis layanan yang di ukur dalam umpan balik ini adalah sarana dan

prasarana dan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Dengan mengacu persepsi

dosen dan mahasiswa atas layanan yang nyata mereka terima dengan layanan yang

sesungguhnya mereka harapkan. Dengan kata lain, kualitas layanan dapat didefinisikan

sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan Dosen dan Mahasiswa

atas layanan yang mereka terima.

II. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan dilakukan umpan balik Dosen bertujuan untuk menjaga

keberlangsungan pelaksanaan sistem mutu di program studi ekonomi syariah fakultas

ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe dan untuk mengetahui tingkat kepuasan

terhadap layanan yang telah ada sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki dan

meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil evaluasi yang diperoleh akan digunakan sebagai

umpan balik bagi program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN

Lhokseumawe dalam hal peningkatan manajemen dan juga untuk menyusun rencana program

kerja pengembangan lembaga, sesuai arah kebijakan dalam renstra dan renop program studi

ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe .

5

III. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan umpan balik Dosen dimulai sejak awal bulan OktoberNovember 2017, dengan menyebarkan kuesioner kepada Dosen.

IV. Komponen dan Aspek Pengukuran

Kualitas pelayanan dan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran untuk

Dosen yang diukur dengan tiga komponen layanan yaitu Sarana dan Prasarana,

Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Saran untuk Peningkatan Kualitas Mutu

Lulusan program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN

Lhokseumawe.

V. Metode Analisis Data

Hasil pengukuran Kualitas pelayanan dan penyelenggaraan pendidikan dan

pengajaran bagi Dosen dilakukan penilaian dengan mekanisme skor 1 (buruk), skor 2

(cukup), skor 3 (baik), dan skor 4 (sangat baik).

Proses pengolahan data disajikan dalam bentuk tabel,bagan/statistik,

Sedangkan data yang berupa deskripsi analisisnya dilakukan secara kualitatif.

Selanjutnya melakukan penyusunan tabel klasifikasi untuk menentukan nilai rata-rata,

sehingga dapat disimpulkan tingkat skala terhadap aspek yang dinilai.

VI. Hasil Umpan Balik dan Pembahasan

1. Umpan Balik Dosen

Dari kuesioner yang telah diisi oleh dosen dengan bentuk mengisi kuesioner terkait

dengan pendapat dosen prodi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN

Lhokseumawe terhadap pengembangan kompetensi, karir, penelitian dan karya ilmiah,

pengabdian kepada masyarakat, tugas tambahan dan kesejahteraan dosen pada program

studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe. Kuesioner

disampaikan kesemua dosen prodi ekonomi syariah yang berjumlah 14 dosen, dari semua

kuesioner yang diberikan, yang mengumpulkan kuesioner berjumlah 14 dosen.

6

Hasil Umpan Balik Dosen dengan nilai skala Tidak sesuai, kurang sesuai, sesuai dan sangat

sesuai. Berikut adalah hasil umpan balik dosen dalam bentuk tabel.

Tabel. 1. Pengembangan Kompetensi

No

Pengembangan Kompetensi

NILAI

Tidak

Sesuai

Kurang

Sesuai

Sesuai Sangat

Sesuai

1 Kesempatan mendapatkan tugas

(mengajar/penunjang) sesuai dengan

bidang keahlian

- - 7 7

2 Kesempatan untuk mengikuti studi lanjut dalam

negeri

- - 10 4

3 Kesempatan untuk mengikuti studi lanjut dalam

negeri dan luar negeri

- - 9 5

4 Pengembangan diri untuk mengikuti kursus

/pelatihan

- - 8 6

5 Pengembangan diri mengikuti seminar/workshop - - 8 6

6 Kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam

negeri

- - 7 7

7 Kesempatan untuk mengikuti studi banding luar

negeri

- - 5 9

TOTAL 0 0 54 44

Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat bahwa

pengembangan kompetensi dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sudah sesuai dengan

harapan. Hal ini terlihat dari jumlah responden yang menjawab kuesioner dengan total 54.

Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap pengembangan karir disajikan dalam

tabel berikut:

Tabel. 2. Pengembangan Karir

No Pengembangan Karir NILAI

Tidak sesuai Kurang

Sesuai

Sesuai Sangat

sesuai

1 Mendapatkan informasi tentang jenjang karir - - 7 7

2 Kesempatan mendapatkan ide/gagasan dan dialog

dengan pimpinan

- - 10 4

3 Mendapatkan layanan tentang jenjang karir - - 9 5

7

4 Memperoleh kesempatan untuk peningkatan jenjang

karir

- - 8 6

5 Memperoleh kesempatan untuk peningkatan jabatan

struktural

- - 10 4

6 Memperoleh kesempatan untuk peningkatan jabatan

non struktural

- - 4 10

TOTAL 0 0 42 42

Berdasarkan tabel 2 tersebut, pendapat dosen sebagian besar tentang

pengembangan karir tidak jauh berbeda hasilnya dengan sarana dan prasarana dengan nilai

skala sesuai dengan harapan. Hasil pendapat dosen tentang pengembangan karir, apabila di

persentase kan atau dirata-ratakan menjawab sebnyak 42 poin sangat sesuai harapan.

Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap Penelitian dan Karya Ilmiah disajikan

dalam tabel berikut:

Tabel. 3. Penelitian dan Karya Ilmiah

No

Penelitian dan Karya Ilmiah

NILAI

Tidak

Sesuai

Kurang

Sesuai

Sesuai Sangat

Sesuai

1 Fasilitas memperoleh informasi tentang kegiatan

penelitian

- - 7 7

2 Fasilitas memperoleh pelayanan untuk melakukan

kegiatan penelitian

- - 9 5

3 Ketersediaan sarana prasarana pendukung kegiatan

Penelitian

- - 8 6

4 Penilaian proposal penelitian dari reviewer - - 8 6

5 Pemerataan penelitian berdasarkan distribusi dosen - - 6 8

6 Pemerataan penelitian berdasarkan kualifikasi dosen - - 7 7

7 Kesempatan bimbingan penyusunan proposal

penelitian dan laporan akhir

- - 6 8

8 Ketersediaan informasi jurnal terakreditasi sebagai

media publikasi karya ilmiah

- - 7 7

TOTAL 0 0 58 54

Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat penelitian dan karya

ilmiah dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sesuai harapan. Penilaian terhadap

penelitian dan karya ilmiah skornya dapat dikatagorikan sesuai dikarenakan dosen dapat

melakukan penelitian dengan didukung oleh fasilitas.

8

Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap pengabdian kepada masyarakat

disajikan dalam tabel berikut:

Tabel. 4. Pengabdian Kepada Masyarakat

No

Pengabdian Kepada Masyarakat

NILAI

Tidak

Sesuai

Kurang

Sesuai

Sesuai Sangat

Sesuai

1 Fasilitas memperoleh informasi tentang kegiatan

Pengabdian kepada masyarakat.

- - 2 12

2 Fasilitas memperoleh pelayanan untuk melakukan

kegiatan Pengabdian kepada masyarakat.

- - 4 10

3 Ketersediaan sarana prasarana pendukung kegiatan

Pengabdian kepada masyarakat.

- - 9 5

4 Penilaian proposal Pengabdian kepada masyarakat

dari reviewaer

- - 11 3

5 Pemerataan Pengabdian kepada masyarakat

berdasarkan distribusi dosen

- - 3 11

6 Pemerataan Pengabdian kepada masyarakat

berdasarkan kualifikasi dosen

- - 4 10

7 Kesempatan bimbingan penyusunan proposal

Pengabdian kepada masyarakat dan laporan akhir

- - 9 5

TOTAL 0 0 42 56

Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat pengabdian kepada

masyarakat dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sangat sesuai. Penilaian terhadap

pengabdian kepada masyarakat skornya dapat dikatagorikan sangat sesusi harapan, hal ini

berkaitan dengan fasilitas yang sudah memadai.

Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap tugas tambahan disajikan dalam tabel

berikut:

Tabel. 5. Tugas Tambahan

No

Tugas Tambahan

NILAI

Tidak

Sesuai

Kurang

Sesuai

Sesuai Sangat

Sesuai

1 Mendapatkan informasi tentang tugas tambahan

(kepanitiaan, narasumber, keanggotaan suatu unit,

dll)

- - 12 2

2 Kesempatan dalam tugas tambahan - - 10 4

3 Pemerataan dalam mendapatkan tugas tambahan - - 9 5

4 Kesempatan untuk mewakili menjadi utusan

ditingkat prodi, fakultas dan universitas

- - 10 4

9

5 Kesempatan untuk mewakili menjadi utusan

ditingkat universitas

- - 6 8

6 Kesempatan untuk mewakili menjadi utusan

ditingkat universitas

- - 7 7

7 Mendapatkan tugas tambahan mengajar di luar

home base

- - 9 5

TOTAL 0 0 63 45

Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat bahwa tugas

tambahan dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sudah sesuai harapan. Hal ini berkaitan

dengan sudah meratanya informasi yang didapatkan oleh dosen.

Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap kesejahteraan disajikan dalam tabel

berikut:

Tabel. 6. Kesejahteraan

No

Kesejahteraan

NILAI

Tidak

Sesuai

Kurang

Sesuai

Sesuai Sangat

Sesuai

1 Pemberian penghargaan atas prestasi kerja yang

baik

- - 7 7

2 Layanan peningkatan kebugaran jasmani melalui

olahraga

- - 11 4

3 Layanan kebutuhan sosial - - 12 2

TOTAL 0 0 30 13

Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat bahwa kesejahteraan

dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sudah sesuai dengan harapan. Penilaian tersebut

didasarkan bahwa sudah terdapatnya pemberian penghargaan kepada dosen atas prestasi kerja

yang dilakukannya.

VII. Rekomendasi

Pendapat dosen tentang pengembangan kompetensi, karir, penelitian dan karya

ilmiah, pengabdian masyarakat, tugas tambahan dan kesejahteraan setidaknya merekomendasikan:

sebagai berikut: (1) Perlu dukungan lembaga untuk kegiatan akademik dalam segi

anggaran; (2) Pembuatan ruang kuliah yang lebih representatif untuk kegatan belajar

mengajar; (3) Memperhatikan rasio alat dengan jumlah mahasiswa setidaknya 1:2; (4)

Membuka kesempatan yang lebih banyak kepada mahasiswa terlibat dalam kegiatan

akademik, baik dalam bidang penelitian dan

Selamat bertemu kembali ke web pengajaran yang selalu memberi info terupdate 

Laporan umpan balik dari siswa kepada guru dan dosen dengan mapel yang berbeda

Posting Komentar untuk "Laporan Umpan Balik Dari Siswa Kepada Guru Dosen Dengan Mapel Berbeda"