Laporan Umpan Balik Dari Siswa Kepada Guru Dosen Dengan Mapel Berbeda
Laporan Umpan Balik Dari Siswa Kepada Guru dosen Dengan Mapel Berbeda |
Laporan umpan balik siswa, guru dan dosen, kesempatan ini aku akan membagi sebuah file penting yang paling diperlukan oleh beberapa guru ketika akan melakukan penyiapan legalisasi.
Kita kenali jika jika sekolah akan melakukan legalisasi karena itu banyak penyiapan yang perlu di siapkan oleh beberapa guru di sekolah terutamanya dalam mempersiapkan document yang nanti akan diunggah atau di visitasi oleh asesor.
Jika semua document sudah diperlengkapi oleh sekolah secara baik karena itu tentu saja di saat penerapan legalisasi nanti semua dapat jalan dengan lancar.
Ada 4 elemen khusus yang nanti jadi dasar untuk sekolah dalam mempersiapkan document legalisasi yang salah satunya yakni elemen kualitas alumnus, kualitas guru, proses management sekolah dan evaluasi.
Untuk sekolah yang hendak lakukan atau melakukan legalisasi karena itu harus mempersiapkan semua butir yang tercantum pada 4 elemen itu.
Seperti kita kenali jika untuk sekolah yang hendak lakukan legalisasi tentu bisa ditegaskan semuanya yang turut serta akan repot untuk menyiapkan semua sesuatunya baik itu berbentuk document atau laporan yang sesuai apa yang dilakukan oleh bapak/ibu guru, kepala sekolah dan semua masyarakat sekolah pada proses evaluasi atau di luar pembelajaran.
Untuk sekolah yang hendak lakukan legalisasi karena itu awalnya lebih dulu harus mempersiapkan document yang hendak diunggah di dalam program sispena.
Salah satunya document yang perlu di siapkan terutamanya pada elemen kualitas guru adalah document laporan umpan balik dari rekan sejawat yang dalam masalah ini adalah oleh guru (tiga orang guru dengan mata pelajaran yang berbeda).
Laporan umpan balik dari rekan sejawat yang diartikan di sini adalah kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sepekerjaan.
Nach untuk anda yang di sekolahnya akan lakukan legalisasi dan mempunyai pekerjaan untujk mempersiapkan document laporan umpan balik dari rekan sejawat yang berbentuk kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat, karena itu lewat posting ini anda dapat memperoleh filenya secara mudah.
Selainnya laporan umpan balik oleh rekan guru sejawat yang hendak aku bagi pada posting ini di posting awalnya aku sudah membagi contoh file laporan umpan balik oleh pelajar yang tentu saja akan diperlukan pada proses kelengkapan administrasi untuk legalisasi sekolah. Nach anda dapat memperolehnya semua file itu pada website pengajaran ini secara gratis.
Di posting ini anda dapat mempunyai file contoh kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat yang dapat dijadikan dasar saat membuat laporan umpan balik dari rekan sepekerjaan.
Nanti laporan itu dibikin sekitar 3 laporan dan diisi sesuai data yang ada dan ditujukan untuk tiga orang guru dengan mata pelajaran yang berbeda.
Lewat artikel ini aku akan membagi contoh laporan umpan balik dari guru rekan sejawat berbentuk kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat yang hendak di suguhkan di dalam 2 pola yakni ada yang memakai pola word da suara yang memakai pola PDF.
Anda dapat mempunyai contoh laporan umpan balik dari rekan sejawat (tiga orang guru dengan mapel yang lain) yang ditujukan dalam kelengkapan bukti fisik legalisasi baik untujk sekolah SD, SMP, SMA atau SMK yang hendak aku bagi ini secara gratis.
Baik berikut file document contoh laporan umpan balik dari rekan sejawat berbentuk kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat yang dimuat dalam tambahan MP1 dan sudah dihidangkan dalam pola word dan PDF berikut ini :
Silahkan download; Laporan Umpan Balik Dari Rekan Sejawat Versi Word (DISINI)
Demikian info tentang contoh kuesioner penilaian kinerja guru kelas /guru mata pelajaran responden guru rekan sejawat yang dapat aku bagi ke anda yang memerlukan contoh laporan umpan balik dari rekan sejawat untuk kelengkapan bukti fisik legalisasi yang hendak di unggah di dalam sispena. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk anda yang membutuhkannya.
LAPORAN UMPAN BALIK PROSES PEMBELAJARAN DOSEN
JURUSAN EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
LHOKSEUMAWE
2017/2018
2
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap Alhamdulillah pada akhirnya laporan umpan balik dosen dan
mahasiswa program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe
dapat kami selesaikan, umpan balik ini bertujuan untuk memonitor/evaluasi sejauh mana
peningkatan dan perbaikan proses belajar-mengajar selanjutnya guna memfasilitasi mahasiswa
mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan tersebut.
Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu
dalam pelaksanaan kegiatan ini, dari mulai awal pelaksanaan sampai akhir pelaksanaan
kegiatan sehingga dapat tersusun dalam bentuk laporan umpan balik dosen dan mahasiswa
program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe.
Laporan umpan balik dosen program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis
islam IAIN Lhokseumawe ini tentunya masih ada kekurangan, oleh karenanya kami sangat
berharap banyak masukan dari segenap civitas akademika sebagai umpan balik untuk
dijadikan perbaikan dalam pelaksanaan pengukuran dan evaluasi periode yang akan datang.
Program Studi Ekonomi Islam
Penyusun.
3
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
I. Pendahuluan............................................................................................................................3
II. Tujuan Kegiatan.....................................................................................................................3
III. Waktu Pelaksanaan Kegiatan .............................................................................................4
IV. Komponen dan Aspek Pengukuran....................................................................................4
V. Metode Analisis Data ......................................................................................................4
VI. Hasil Umpan Balik Dosen dan Pembahasan...................................................................4
VII. Rekomendasi ....................................................................................................................... 10
4
LAPORAN UMPAN BALIK DOSEN DAN MAHASISWA
PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI
DAN BISNIS ISLAM
IAIN LHOKSEUMAWE
I. Pendahuluan
Kualitas pelayanan kepada pemangku kepentingan merupakan salah satu kunci
keberhasilan Organisasi. Dengan kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat
menciptakan kenyamanan dan ketenangan linkungan organisasi. Perguruan tinggi yang
berperan aktif dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, sangat
memerlukan suasana akademik dan lingkungan yang nyaman untuk melakukan proses
belajar mengajar. Dengan pelayanan yang baik perguruan tinggi diharapkan menjadi
tempat untuk berkarya dan menimba ilmu bagi dosen danmahasiswa.
Umpan balik merupakan salah satu bagian penting dari proses pembelajaran.
Pemberian umpan balik merupakan sarana evaluasi dan perbaikan untuk masa yang
akan datang. Jenis layanan yang di ukur dalam umpan balik ini adalah sarana dan
prasarana dan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Dengan mengacu persepsi
dosen dan mahasiswa atas layanan yang nyata mereka terima dengan layanan yang
sesungguhnya mereka harapkan. Dengan kata lain, kualitas layanan dapat didefinisikan
sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan Dosen dan Mahasiswa
atas layanan yang mereka terima.
II. Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan dilakukan umpan balik Dosen bertujuan untuk menjaga
keberlangsungan pelaksanaan sistem mutu di program studi ekonomi syariah fakultas
ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe dan untuk mengetahui tingkat kepuasan
terhadap layanan yang telah ada sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki dan
meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil evaluasi yang diperoleh akan digunakan sebagai
umpan balik bagi program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN
Lhokseumawe dalam hal peningkatan manajemen dan juga untuk menyusun rencana program
kerja pengembangan lembaga, sesuai arah kebijakan dalam renstra dan renop program studi
ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe .
5
III. Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan umpan balik Dosen dimulai sejak awal bulan OktoberNovember 2017, dengan menyebarkan kuesioner kepada Dosen.
IV. Komponen dan Aspek Pengukuran
Kualitas pelayanan dan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran untuk
Dosen yang diukur dengan tiga komponen layanan yaitu Sarana dan Prasarana,
Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Saran untuk Peningkatan Kualitas Mutu
Lulusan program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN
Lhokseumawe.
V. Metode Analisis Data
Hasil pengukuran Kualitas pelayanan dan penyelenggaraan pendidikan dan
pengajaran bagi Dosen dilakukan penilaian dengan mekanisme skor 1 (buruk), skor 2
(cukup), skor 3 (baik), dan skor 4 (sangat baik).
Proses pengolahan data disajikan dalam bentuk tabel,bagan/statistik,
Sedangkan data yang berupa deskripsi analisisnya dilakukan secara kualitatif.
Selanjutnya melakukan penyusunan tabel klasifikasi untuk menentukan nilai rata-rata,
sehingga dapat disimpulkan tingkat skala terhadap aspek yang dinilai.
VI. Hasil Umpan Balik dan Pembahasan
1. Umpan Balik Dosen
Dari kuesioner yang telah diisi oleh dosen dengan bentuk mengisi kuesioner terkait
dengan pendapat dosen prodi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN
Lhokseumawe terhadap pengembangan kompetensi, karir, penelitian dan karya ilmiah,
pengabdian kepada masyarakat, tugas tambahan dan kesejahteraan dosen pada program
studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Lhokseumawe. Kuesioner
disampaikan kesemua dosen prodi ekonomi syariah yang berjumlah 14 dosen, dari semua
kuesioner yang diberikan, yang mengumpulkan kuesioner berjumlah 14 dosen.
6
Hasil Umpan Balik Dosen dengan nilai skala Tidak sesuai, kurang sesuai, sesuai dan sangat
sesuai. Berikut adalah hasil umpan balik dosen dalam bentuk tabel.
Tabel. 1. Pengembangan Kompetensi
No
Pengembangan Kompetensi
NILAI
Tidak
Sesuai
Kurang
Sesuai
Sesuai Sangat
Sesuai
1 Kesempatan mendapatkan tugas
(mengajar/penunjang) sesuai dengan
bidang keahlian
- - 7 7
2 Kesempatan untuk mengikuti studi lanjut dalam
negeri
- - 10 4
3 Kesempatan untuk mengikuti studi lanjut dalam
negeri dan luar negeri
- - 9 5
4 Pengembangan diri untuk mengikuti kursus
/pelatihan
- - 8 6
5 Pengembangan diri mengikuti seminar/workshop - - 8 6
6 Kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam
negeri
- - 7 7
7 Kesempatan untuk mengikuti studi banding luar
negeri
- - 5 9
TOTAL 0 0 54 44
Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat bahwa
pengembangan kompetensi dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sudah sesuai dengan
harapan. Hal ini terlihat dari jumlah responden yang menjawab kuesioner dengan total 54.
Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap pengembangan karir disajikan dalam
tabel berikut:
Tabel. 2. Pengembangan Karir
No Pengembangan Karir NILAI
Tidak sesuai Kurang
Sesuai
Sesuai Sangat
sesuai
1 Mendapatkan informasi tentang jenjang karir - - 7 7
2 Kesempatan mendapatkan ide/gagasan dan dialog
dengan pimpinan
- - 10 4
3 Mendapatkan layanan tentang jenjang karir - - 9 5
7
4 Memperoleh kesempatan untuk peningkatan jenjang
karir
- - 8 6
5 Memperoleh kesempatan untuk peningkatan jabatan
struktural
- - 10 4
6 Memperoleh kesempatan untuk peningkatan jabatan
non struktural
- - 4 10
TOTAL 0 0 42 42
Berdasarkan tabel 2 tersebut, pendapat dosen sebagian besar tentang
pengembangan karir tidak jauh berbeda hasilnya dengan sarana dan prasarana dengan nilai
skala sesuai dengan harapan. Hasil pendapat dosen tentang pengembangan karir, apabila di
persentase kan atau dirata-ratakan menjawab sebnyak 42 poin sangat sesuai harapan.
Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap Penelitian dan Karya Ilmiah disajikan
dalam tabel berikut:
Tabel. 3. Penelitian dan Karya Ilmiah
No
Penelitian dan Karya Ilmiah
NILAI
Tidak
Sesuai
Kurang
Sesuai
Sesuai Sangat
Sesuai
1 Fasilitas memperoleh informasi tentang kegiatan
penelitian
- - 7 7
2 Fasilitas memperoleh pelayanan untuk melakukan
kegiatan penelitian
- - 9 5
3 Ketersediaan sarana prasarana pendukung kegiatan
Penelitian
- - 8 6
4 Penilaian proposal penelitian dari reviewer - - 8 6
5 Pemerataan penelitian berdasarkan distribusi dosen - - 6 8
6 Pemerataan penelitian berdasarkan kualifikasi dosen - - 7 7
7 Kesempatan bimbingan penyusunan proposal
penelitian dan laporan akhir
- - 6 8
8 Ketersediaan informasi jurnal terakreditasi sebagai
media publikasi karya ilmiah
- - 7 7
TOTAL 0 0 58 54
Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat penelitian dan karya
ilmiah dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sesuai harapan. Penilaian terhadap
penelitian dan karya ilmiah skornya dapat dikatagorikan sesuai dikarenakan dosen dapat
melakukan penelitian dengan didukung oleh fasilitas.
8
Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap pengabdian kepada masyarakat
disajikan dalam tabel berikut:
Tabel. 4. Pengabdian Kepada Masyarakat
No
Pengabdian Kepada Masyarakat
NILAI
Tidak
Sesuai
Kurang
Sesuai
Sesuai Sangat
Sesuai
1 Fasilitas memperoleh informasi tentang kegiatan
Pengabdian kepada masyarakat.
- - 2 12
2 Fasilitas memperoleh pelayanan untuk melakukan
kegiatan Pengabdian kepada masyarakat.
- - 4 10
3 Ketersediaan sarana prasarana pendukung kegiatan
Pengabdian kepada masyarakat.
- - 9 5
4 Penilaian proposal Pengabdian kepada masyarakat
dari reviewaer
- - 11 3
5 Pemerataan Pengabdian kepada masyarakat
berdasarkan distribusi dosen
- - 3 11
6 Pemerataan Pengabdian kepada masyarakat
berdasarkan kualifikasi dosen
- - 4 10
7 Kesempatan bimbingan penyusunan proposal
Pengabdian kepada masyarakat dan laporan akhir
- - 9 5
TOTAL 0 0 42 56
Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat pengabdian kepada
masyarakat dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sangat sesuai. Penilaian terhadap
pengabdian kepada masyarakat skornya dapat dikatagorikan sangat sesusi harapan, hal ini
berkaitan dengan fasilitas yang sudah memadai.
Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap tugas tambahan disajikan dalam tabel
berikut:
Tabel. 5. Tugas Tambahan
No
Tugas Tambahan
NILAI
Tidak
Sesuai
Kurang
Sesuai
Sesuai Sangat
Sesuai
1 Mendapatkan informasi tentang tugas tambahan
(kepanitiaan, narasumber, keanggotaan suatu unit,
dll)
- - 12 2
2 Kesempatan dalam tugas tambahan - - 10 4
3 Pemerataan dalam mendapatkan tugas tambahan - - 9 5
4 Kesempatan untuk mewakili menjadi utusan
ditingkat prodi, fakultas dan universitas
- - 10 4
9
5 Kesempatan untuk mewakili menjadi utusan
ditingkat universitas
- - 6 8
6 Kesempatan untuk mewakili menjadi utusan
ditingkat universitas
- - 7 7
7 Mendapatkan tugas tambahan mengajar di luar
home base
- - 9 5
TOTAL 0 0 63 45
Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat bahwa tugas
tambahan dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sudah sesuai harapan. Hal ini berkaitan
dengan sudah meratanya informasi yang didapatkan oleh dosen.
Terkait dengan hasil pendapat dosen terhadap kesejahteraan disajikan dalam tabel
berikut:
Tabel. 6. Kesejahteraan
No
Kesejahteraan
NILAI
Tidak
Sesuai
Kurang
Sesuai
Sesuai Sangat
Sesuai
1 Pemberian penghargaan atas prestasi kerja yang
baik
- - 7 7
2 Layanan peningkatan kebugaran jasmani melalui
olahraga
- - 11 4
3 Layanan kebutuhan sosial - - 12 2
TOTAL 0 0 30 13
Hasil kuesioner dosen terlihat jelas bahwa dosen berpendapat bahwa kesejahteraan
dinilai jika dirata-ratakan skornya adalah sudah sesuai dengan harapan. Penilaian tersebut
didasarkan bahwa sudah terdapatnya pemberian penghargaan kepada dosen atas prestasi kerja
yang dilakukannya.
VII. Rekomendasi
Pendapat dosen tentang pengembangan kompetensi, karir, penelitian dan karya
ilmiah, pengabdian masyarakat, tugas tambahan dan kesejahteraan setidaknya merekomendasikan:
sebagai berikut: (1) Perlu dukungan lembaga untuk kegiatan akademik dalam segi
anggaran; (2) Pembuatan ruang kuliah yang lebih representatif untuk kegatan belajar
mengajar; (3) Memperhatikan rasio alat dengan jumlah mahasiswa setidaknya 1:2; (4)
Membuka kesempatan yang lebih banyak kepada mahasiswa terlibat dalam kegiatan
akademik, baik dalam bidang penelitian dan
Selamat bertemu kembali ke web pengajaran yang selalu memberi info terupdate
Laporan umpan balik dari siswa kepada guru dan dosen dengan mapel yang berbeda
Posting Komentar untuk "Laporan Umpan Balik Dari Siswa Kepada Guru Dosen Dengan Mapel Berbeda"